Taman Hutan Kera Bandar Lampung, Cocok untuk Ngabuburit di Bulan Ramadan

Eva Pardiana - Sabtu, 26 Maret 2022 06:50
Taman Hutan Kera Bandar Lampung, Cocok untuk Ngabuburit di Bulan RamadanSalah satu pengunjung anak-anak tengah memberikan makanan pada kera di Taman Hutan Kera, Bandar Lampung. (sumber: Rochmadayanti/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Sebentar lagi umat Islam akan memasuki Bulan Ramadan. Salah satu budaya khas di Indonesia di bulan ini adalah ngabuburit atau jalan-jalan sore sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Nah, di Bandar Lampung ada banyak lokasi yang kerap dijadikan tempat ngabuburit oleh warga. Salah satu yang akan Kabar Siger ulas adalah Taman Hutan Kera yang terletak di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Sumur Batu, Teluk Betung Utara.

Sesuai dengan namanya, kita dapat menyaksikan banyak kera alias monyet di taman ini. Tempat wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak sambil memberikan edukasi tentang hewan kera dan jenis makanan yang mereka sukai.

Taman Hutan Kera tergolong masih asri, dimana terdapat hutan kecil yang terletak di dekat permukiman warga. Saat memasuki kawasan wisata ini, kita akan di suguhkan dengan pemandangan pepohonan besar yang rindang dan banyak kera yang bergelantungan di atasnya.

Foto: Rochmadayanti/Kabar Siger

Taman Hutan Kera cukup nyaman dijadikan tempat refreshing sepulang bekerja sambil menikmati udara segar di sekitar pepohonan. Tempatnya pun bersih.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Tapi kita harus sama-sama menjaga lokasi ini tetap bersih dan tidak memberikan makanan yang berbahaya untuk para kera.

Rudi, salah seorang pengunjung mengatakan biasanya masyarakat berkunjung ke tempat wisata ini pada sore hari, dikarenakan rombongan kera turun dari pohon di sore hari.

"Ramainya itu biasanya sore, soalnya monyet-monyetnya turun dari pohon itu sore, kalau siang gak ada yang nongol," ujarnya, Sabtu, 26 Maret 2022.

Ia menambahkan, jika berkunjung kesini seharusnya membawa makanan seperti kacang atau pisang. "Harus bawa kacang atau pisang kalau mau kesini, biar monyetnya mau deketin," ungkapnya.

Foto: Rochmadayanti/Kabar Siger

Menurut salah seorang pengunjung lainnya, Tania, Taman Hutan Kera cukup bersih dan terjaga. Pemandangan hutannya nampak asri dan nyaman untuk sekadar melepaskan penat.

"Sering sih kesini, tempatnya masih keliatan hutan banget. Udah gitu bersih dan terjaga, setiap pengunjung mau pulang, ada orang yang bersihin bekas sampah-sampahnya," jelasnya.

Ia pun menambahkan tempat wisata ini memang cocok untuk ngabuburit di bulan Ramadan yang akan datang. "Cocok banget buat ngabuburit pas puasa nanti, bisanya ramai juga kalau puasa," tutupnya. (RCH)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS