Tak Hanya Mengejar Wishlist, Ini Alasan Anak Muda Harus Memikirkan Pensiun

Yunike Purnama - Kamis, 05 Januari 2023 19:06
Tak Hanya Mengejar Wishlist, Ini Alasan Anak Muda Harus Memikirkan Pensiun (sumber: null)

BANDAR LAMPUNG - Anak muda apalagi yang belum berkeluarga atau memiliki anak mungkin ingin memuaskan keinginan untuk mengejar wishlist barang yang selama ini diinginkan, traveling, atau mengunjungi konser. Meski begitu, ada baiknya jika Anda yang masih termasuk anak muda ini tetap memikirkan tabungan pensiun.

Merencanakan pensiun sejak dini akan membantu memudahkan Anda lebih siap dan menghindari stres. Berikut beberapa alasan mengapa anak muda harus memikirkan tabungan pensiun sejak awal.

Alasan Anak Muda Harus Memikirkan Pensiun Sejak Dini: 

1. Tidak Ingin Membebani Keluarga atau Tanggungan Anda

Jika Anda memiliki anak, Anda mungkin tidak keberatan untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersama mereka. Namun, harus tinggal bersama anak-anak karena Anda tidak mampu hidup mandiri bukan merupakan cara kebanyakan orang untuk menghabiskan masa pensiun mereka.

Selain Anda tidak ingin mengorbankan gaya hidup, pertimbangkan dampaknya terhadap anak jika harus mengandalkan mereka. Mereka mungkin akan kehilangan peluang memiliki kendali atas keuangan mereka sendiri dan memiliki tekanan ekstra pada keluarga mereka sendiri karena harus memberi Anda bantuan keuangan.

2. Waktu Bekerja untuk Anda

Dengan menabung di rekening pensiun seperti reksadana, Anda berpotensi menuai keuntungan. Hal ini akan menghasilkan pendapatan baik dari jumlah awal yang Anda investasikan maupun pendapatan yang diinvestasikan kembali.

3. Anda Mungkin Tidak Dapat Menabung Nanti

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Anda mungkin saat ini memiliki karier yang baik dan kesehatan yang optimal. Bukan berarti mengharap hal yang buruk, tapi selalu berjaga-jaga menghadapi situasi yang buruk juga perlu untuk dilakukan.

4. Memiliki Kesehatan yang Lebih Baik

Masalah keuangan merupakan sumber utama stres. Banyak orang dewasa yang khawatir tentang uang dan hal itu bisa merusak kesehatan fisik Anda.

Stres finansial terkait dengan masalah kondisi fisik seperti diabetes, penyakit jantung, sakit kepala migrain, dan kurang tidur. Tidak hanya itu, kekhawatiran mengenai keuangan juga dapat menyebabkan kecemasan dan depresi serta merampas ketenangan pikiran Anda untuk menikmati hidup.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS