Mengenal Istilah Bisnis: Apa Itu Market Research?

Yunike Purnama - Sabtu, 08 Oktober 2022 16:29
Mengenal Istilah Bisnis: Apa Itu Market Research?Market research dapat menghilangkan dugaan inovasi, dan menyalurkan sumber daya ke dalam ide dan proyek yang paling potensial. (sumber: Ismail Pohan/Kabar Siger)

JAKARTA - Market research dapat menghilangkan dugaan inovasi, dan menyalurkan sumber daya ke dalam ide dan proyek yang paling potensial. Hal ini membantu pengusaha membuat keputusan yang tepat.

Dikutip dari Oberlo.com, Market research adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi. Informasi tersebut dapat berupa target pasar, konsumen, pesaing dan industri secara keseluruhan. 

Penelitian ini memiliki sejumlah tujuan yang berbeda, mulai dari mengidentifikasi pasar baru hingga meluncurkan bisnis baru.

Terdapat cara-cara bagaimana bisnis dapat menggunakan riset pasar:

1. Menentukan kelayakan bisnis baru.
2. Mengidentifikasi dan mengembangkan pasar baru yang potensial.
3. Tetap awasi tren pemasaran dan kembangkan strategi tentang cara tetap terdepan atau beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar.
4. Uji permintaan akan produk atau fitur baru.
Pastikan penempatan produk yang optimal.
Meningkatkan dan berinovasi bisnis tertentu.

Meningkatkan keberhasilan kampanye promosi.
Terdapat dua jenis data market research yaitu :

Informasi primer, yaitu data tangan pertama yang dikumpulkan dari sumber asli. Anda mengumpulkan data sendiri atau mempekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda. Intinya adalah Anda mengontrol proses dari A hingga Z.

Informasi sekunder, yaitu informasi dan data yang telah dikumpulkan oleh orang lain dan tersedia untuk umum baik online maupun offline. Ini bisa berupa data yang dipublikasikan di surat kabar, laporan, jurnal, dan sebagainya, atau informasi yang tersedia secara online secara gratis. Kelemahannya adalah setiap orang memiliki akses ke informasi ini dan Anda tidak memiliki kendali atas metode pengumpulan.

Jenis informasi yang dikumpulkan melalui sumber primer dan sekunder dapat berupa kualitatif atau kuantitatif.

Informasi kualitatif membantu Anda memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perasaan orang tentang topik tertentu. Anda dapat bertanya kepada mereka apa yang mereka pikirkan dan bagaimana/mengapa mereka membuat pilihan yang mereka lakukan. Sumber terbaik untuk mengumpulkan informasi kualitatif termasuk wawancara mendalam, kelompok fokus, dan observasi langsung.

Informasi kuantitatif merupakan data statistik dan cenderung lebih terstruktur. Pertanyaan tertutup Kuesioner dan survei termasuk dalam jenis informasi ini.

Penelitian primer sering lebih mahal dan memakan waktu. Tetapi ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan bisnis Anda. Alat penelitian utama yang paling populer adalah survei pelanggan, wawancara mendalam, grup fokus, dan pengamatan.

Hal ini melibatkan menonton atau merekam video bagaimana konsumen berinteraksi dengan produk atau layanan dalam pengaturan alami. Meskipun merupakan metode yang memakan waktu, metode ini memiliki keuntungan dalam menyediakan penelitian yang tidak biasa. Sebab, konsumen tidak berada dalam tekanan apapun dan akan berperilaku wajar.

Market research sekunder paling cocok untuk mengumpulkan wawasan luas tentang tren pasar. Ini membantu untuk memprediksi dan menganalisis situasi saat ini dalam hal persaingan.

Sumber penelitian sekunder yang paling populer adalah laporan dan studi pemerintah; jurnal, majalah, surat kabar khusus industri atau perdagangan; televisi dan radio; makalah akademik dan sumber daya pendidikan; tinjauan literature; serta artikel online dan studi kasus.

Market research memadukan perilaku konsumen dan tren ekonomi untuk mengonfirmasi dan meningkatkan ide bisnis. Market research dapat digunakan untuk mendapatkan pelanggan. Market research juga memungkinkan Anda mengurangi risiko bahkan saat bisnis Anda masih terlihat cerah.

Anda bisa melakukan market research dengan menggunakan sumber yang ada, atau bisa melakukan riset sendiri dan langsung ke konsumen.

Sumber yang ada dapat menghemat banyak waktu dan energi, tetapi informasinya mungkin tidak spesifik untuk audiens seperti yang Anda inginkan. Gunakan untuk menjawab pertanyaan yang bersifat umum dan dapat diukur, seperti tren industri, demografi, dan pendapatan rumah tangga. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS