Syarat Daftar Mudik Gratis Kemenhub, Dibuka Mulai Hari Ini Senin, 13 Maret 2023

Yunike Purnama - Senin, 13 Maret 2023 05:53
Syarat Daftar Mudik Gratis Kemenhub, Dibuka Mulai Hari Ini Senin, 13 Maret 2023Ilustrasi mudik (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia )

JAKARTA - Kementerian Perhubungan bakal mengadakan mudik gratis pada libur lebaran 2023. Upaya ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan pada saat arus mudik. Lantas, kapan mudik gratis ini mulai dibuka pendaftarannya?

Untuk pendaftaran mudik gratis, kemenhub mulai buka pada 13 Maret 2023 dan akan ditutup pada 14 April 2023.

"Pendaftaran dibuka mulai 13 Maret sampai 14 April 2023, dan akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi," tulis pengumuman Kemenhub dalam akun instagram @ditjen_hubdat pada Minggu, 12 Maret 2023.

Syarat mudik gratis Kemenhub: 

1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar seperti KTP, SIM, KK,
2. Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik,
3. Apabila peserta akan mengikuti mudik balik, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus mudik, dengan catatan kota tujuan mudik yang dipilih ada pilihan kota arus balik. Dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik,
4. Peserta hanya diberikan waktu H + 7 setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan,
5. Apabila lewat H + 7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur atau hangus. Dengan demikian, kuota akan otomatis bertambah. Pemerintah akan Tambah Anggaran untuk 6. Mudik Gratis Lebaran di 2023Peserta yang tidak melakukan validasi ulang tidak bisa mendaftar ulang karena NIK diblok dengan sistem agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar atau belum mendapatkan kuota mudik atau balik.
7. Peserta yang mudik balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan H-1 sebelum tanggal seremonial bus,
8.Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik atau balik,
9. Peserta mudik lebaran wajib datang minimal 1 jam sebelum keberangkatan.

123,8 Juta Orang Diprediksi Bakal Mudik di Lebaran 2023

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H) bisa mencapai 123,8 juta orang.

Menurutnya, jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85 juta orang.

"Kita harus tahu bahwa setiap pelaksanaan mudik, Kementerian Perhubungan lakukan riset, dan riset yang kita lakukan jumlah sekarang ini naik signifikan dari 85 juta menjadi 123 juta orang," kata Menhub dalam kunjungan kerja Merak.

Dari prediksi 123 juta orang pergerakan menjelang mudik lebaran itu, biasanya didominasi oleh angkutan darat, roda empat dan roda dua.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS