Stabilkan Harga, Pemprov Gelar Operasi Pasar Cabai Merah dan Bawang Merah

Eva Pardiana - Rabu, 10 Agustus 2022 13:24
Stabilkan Harga, Pemprov Gelar Operasi Pasar Cabai Merah dan Bawang MerahOperasi pasar cabai merah dan bawang merah di Pasar Kangkung Teluk Betung Bandar Lampung, Rabu, 10 Agustus 2022. (sumber: Diskominfotik Provinsi Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar operasi pasar untuk komoditas cabai merah dan bawang merah bertempat di Pasar Kangkung Teluk Betung Bandar Lampung, Rabu, 10 Agustus 2022.

Operasi pasar ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung Kusnardi dan dihadiri juga oleh Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kasat Pol PP, Plt. Karo Perekonomian, Sekdis Kominfotik dan Kabid Dinas KPTPH.

Kusnardi mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas KPTPH, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), dan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (BI KPw) Provinsi Lampung serta Satgas Pangan.

"Mudah-mudahan operasi pasar ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang memerlukan cabai merah dan bawang merah. Juga demi menjaga kestabilan harga di Lampung," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu 10 Agustus 2022.

Kegiatan ini merupakan upaya pengendalian inflasi di Lampung, khususnya harga komoditas cabai merah besar dan bawang merah yang sampai saat ini masih cukup tinggi.

Dalam operasi pasar tersebut bawang merah dijual dengan harga Rp27.000 per kg dan cabai merah Rp63.000 per kg.

Berdasarkan pantauan harga di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional harga dua komoditas tersebut terus mengalami kenaikan.

Rata-rata harga bawang merah di Bandar Lampung Rp36.250 per kg, sedangkan cabai merah besar mencapai Rp80.000 per kg.

Sementara, secara keseluruhan di Provinsi Lampung, harga bawang merah Rp45.500 per kg dan cabai merah besar Rp66.450 per kg. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS