SPBU BP Tak Jual BBM RON 90, Apa Kabar Pertalite?

Yunike Purnama - Kamis, 14 September 2023 11:28
SPBU BP Tak Jual BBM RON 90, Apa Kabar Pertalite?Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (sumber: Debrinata Rizky/TrenAsia)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif turut buka suara terkait SPBU BP-AKR yang resmi menghapus BBM RON 90 atau setara Pertalite.

Menurut Arifin, hingga saat ini pemerintah belum memastikan terkait rencana penghapusan Pertalite. Pasalnya Pertalite sendiri termasuk dalam Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) atau subsidi.

"Itu corporate policy-nya dia (bp), kalau Pertamina masih dijual. Pertalite itu kan RON 90, karena kalau dinaikkan subsidinya juga tambah besar," ujarnya kepada awak media di DPR dilansir pada Kamis, 14 September 2023.

Arifin menjelaskan, Pertalite sebagai BBM yang disubsidi pemerintah jika dinaikkan kadar oktannya dikhawatirkan akan berat bagi anggaran negara.

Ditambah dengan harga minyak mentah tengah berada di atas asumsi Indonesia Crude Price (ICP) di APBN Tahun Anggaran 2023, yakni US$90 per barel ini turut menjadi pertimbangan.

Tren Masyarakat Berubah

Menteri ESDM ini menegaskan bahwa, saat ini masyarkat telah berpindah dalam mengkonsumsi BBM dengan crown yang lebih tinggi. Harapannya hari ini dapat meningkatkan kualitas kendaraan tersendiri dan berdampak pada lingkungan menjadi lebih bersih.

Saat ini ada 40% kendaraan yang tidak memenuhi standar emisi. Selain dengan BBM RON tinggi, masyarakat dapat memasang converter untuk mengurangi kadar emisi nitrogen oksida (NOx), sulfur oksida (SOx).

Sebelumnya, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) BP-AKR resmi menyetop penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang memiliki oktan (RON) 90 atau dikenal dengan merek BP 90.

Presiden Direktur BP Vanda Laura menegaskan hal ini sebagai respons untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM dengan RON lebih tinggi dan baik untuk lingkungan.

Vanda mengatakan lebih lanjut, jika saat ini produk bahan bakar berkualitas yang masih tersedia di SPBU bp adalah BP Ultimate, BP 92 dan BP diesel. BP resmi menghentikan penjualan BP 90 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Jawa Timur.

"Betul SPBU bp-AKR sudah tidak lagi menjual BP 90 semenjak tanggal 1 Agustus dikarenakan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM dengan RON yang lebih tinggi dan tentunya akan lebih baik bagi lingkungan," katanya kepada TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com pada Selasa, 12 September 2023.(*)

Editor: Eva Pardiana
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS