Simak! 6 Perubahan Besar Teknologi Apple di iPhone 15

Yunike Purnama - Kamis, 14 September 2023 10:02
Simak! 6 Perubahan Besar Teknologi Apple di iPhone 15Ilustrasi iPhone 15 (sumber: Reuters)

BANDARLAMPUNG - Sejak Steve Jobs pertama kali memperkenalkan iPhone pada medio 2007 lalu. Apple seperti tidak ada habisnya melalukan upgrade teknologi terhadap smartphone buatannya dengan tujuan menyenangkan hati pelanggan.  

Teranyar, melalui acara Wonderlust yang disiarkan dini hari tadi (13/09/2023), Apple memperkenalkan seri iPhone 15 yang meliputi 4 varian, yakni Phone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Soal harga smartphone besutan Apple sangat terlampaui tinggi untuk dibicarakan masyarakat Indonesia yang memiliki rerata gaji tahun 2023 sebesar Rp3 juta per bulan sesuai data yang dirilis oleh Salary Explorer beberapa waktu lalu. 

Mengapa smartphone Apple harganya terlampau mahal? Jawabannnya raksasa teknologi asal Amerika Serikat hanya merilis handphone terbaru satu tahun sekali. Meski begitu, mereka setiap melaunching produk anyar selalu membawa perubahan seperti halnya pada seri iPhone 15. 

Chipset A17 Bionic 

Pencinta game mobile sepertinya harus menjajal iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang dibekali chipset A17 Bionic. Kecepatan prosesor ini mampu mengalahkan performa chipset Snapdragon 8 Gen 3. Mengapa demikian? 

Diketahui chipset A17 Bionic didukung 6 core CPU dengan frekuensi tertinggi 3.7GHz dan 6 core GPU. Bahkan untuk fabrikasi proseseor mampu tembus 3nm (Nano Meter) yang didukung RAM LPDDR5 6GB. 

IOS 17 

Keunggulan dari iPhone adalah memiliki sistem operasi sendiri dibanding handphone lainnya yang masih menggunakan lisensi android. Nah, seluruh iPhone 15 juga dibekali sistem operasi iPhone atau iOS 17. 

Adapun fitur baru iOS 17 antara lain dapat menampilkan seperti Live Text, Visual Look Up, dan SharePlay. Selain pengguna iPhone 15, user seri sebelumnya juga masih menikmati iOS 17 yang mulai dirilis secara global non beta pada tanggal 18 September 2023. 

Baterai Tahan Lama

Baterai lebih tahan lama iPhone 15 memiliki baterai yang lebih tahan lama dari iPhone 14. Hal ini dikarenakan chipset A17 Bionic yang lebih efisien dan fitur-fitur baru yang lebih hemat daya.

Dynamic Island 

iPhone 15 dan 15 Plus iPhone 15 dan 15 Plus kini sudah menggunakan Dynamic Island yang sebelumnya hanya tersedia di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Meski demikian, chipsetnya masih memakai model A16 Bionic. Chipset baru A17 Bionic hanya ada di iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Kamera belakang 48MP 

Apple menambah kamera belakang iPhone 15 dengan sensor lebih besar, yaitu 48MP. Sensor lebih besar memungkinkan iPhone mengambil foto dan video lebih baik, terutama di kondisi cahaya rendah. Adapun kamera depan iPhone 15 juga memiliki sensor lebih besar, 12MP. Perbedaan utamanya, di iPhone 15 Pro Max yang kini memiliki 5x zoom.

Port USB-C

iPhone 15 menjadi seri iPhone pertama yang menggunakan port USB-C. Port USB-C adalah port standar yang digunakan oleh sebagian besar perangkat elektronik, termasuk laptop, komputer, dan tablet. 

Perubahan ini membuat iPhone lebih kompatibel dengan perangkat elektronik lainnya. Semua iPhone 15 menggunakan port USB-C, dengan kecepatan transfer 480 MB/detik. Khusus iPhone 15 Pro Max, bisa langsung merekam ke HDD eksternal untuk kebutuhan profesional.(*)

Editor: Redaksi
Tags fiturappleBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS