Sobat Sehat Berbagi Inspirasi Tampil di Program Ngopy TVRI Lampung

Yunike Purnama - Jumat, 19 Juli 2024 20:28
Sobat Sehat Berbagi Inspirasi Tampil di Program Ngopy TVRI LampungTiga pengurus Sobat Sehat Ardiansyah, Yudi Novriansyah dan Sayyid Adil menjadi bintang tamu di program Ngopy TVRI Lampung (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Tiga pengurus Sobat Sehat yakni Ardiansyah, Yudi Novriansyah dan Sayyid Adil menjadi bintang tamu di program live Ngopy (Ngobrol Happy) TVRI Lampung pada Kamis, 18 Juli 2024.

Kegiatan yang dipandu oleh host Niko, Bio dan Yoga dan dihibur Dorna Band ini mengupas secara ringan terkait Organisasi Penyintas TB (OPT) atau komunitas Sobat Sehat.

Saat host Yoga menanyakan bagaimana komunitas Sobat Sehat ini terbentuk, Ardiansyah selaku Ketua menyampaikan, "Sobat Sehat ini terbentuk berawal dari para penyintas yang sudah sembuh dari pengobatan TBC, kami menjaring para penyintas produktif yang tergerak mengembangkan komunitas ini dan Alhamdulillah saat ini berkembang ke pendampingan penyintas dan pasien baik dari sisi psikologis sampai ke peningkatan keterampilan saat sudah kembali sembuh pengobatan," jelas Ardi.

Dalam perjalanannya komunitas Sobat Sehat kolaborasi bersama POP TB Indonesia saat ini sudah memiliki layanan untuk mendukung kesembuhan pasien TB, seperti platfrom digital berupa website dan aplikasi Laportbc hingga layanan responden hotline kesehatan mental yang siap respon 1x24 jam.

Kemudian dari latar belakang pengurus Sobat Sehat juga beragam dan tidak hanya penyintas saja, seperti dari tenaga kesehatan hingga pasien supporter (ps) yang bertugas mendampingi pasien tb selama masa pengobatan.

Salah satunya Yudi Novriansyah yang merupakan Wakiil Ketua dan berprofesi sebagai tenaga kesehatan.

Niko salah satu host program Ngopy TVRI Lampung menayakan alasan Yudi sebagai tenaga kesehatan, tetapi tetap ingin bergabung di Komunitas Sobat Sehat.

"Alasan tetap mau bergabung di Sobat Sehat salah satunya agar bisa bersama berbagi manfaat, dari sisi profesi sebagai tenaga kesehatan dalam perjalanannya saya bisa memberikan masukan konsultasi dari sisi medis terkait efek samping obat ke para penyintas dan pasien," cerita Yudi.

Yudi melanjutkan, pada komunitas Sobat Sehat juga mendorong para penyintas untuk bisa kembali produktif dengan berbagai keterampilan yang didapat saat bergabung di komunitas.

Pengalaman mendapatkan bekal keterampilan juga dirasakan salah satu penyintas Sayyid Adil yang juga merupakan anggota dari Sobat Sehat.

"Selain dapat keluarga baru yang sama-sama menjalani pengobatan dan berjuang untuk sembuh dari TB, saya juga berkesempatan mendapat pelatihan UMKM di Bogor untuk meningkatkan keterampilan membangun usaha," cerita Sayyid.

Selain tiga pengurus Sobat Sehat yang on frame dalam program Ngopy TVRI Lampung, sebagai penyemangat turut hadir pengurus lainnya yakni, Nissa, Ahmad , Endang, Puji, Yunike, Luvita, Ahyani, Dita, Dwi dan Ipin. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS