SMSI Bandar Lampung Gelar Pelatihan Teknik SEO Bagi Jurnalis dan Editor Media Online

Eva Pardiana - Sabtu, 21 Januari 2023 21:18
SMSI Bandar Lampung Gelar Pelatihan Teknik SEO Bagi Jurnalis dan Editor Media OnlineYoga Pratama, Praktisi SEO di Bandar Lampung (sumber: Dok. SMSI Bandar Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Bandar Lampung akan menggelar Pelatihan Teknik SEO (Search Engine Optimization/ Pengoptimalan Mesin Telusur) bagi jurnalis dan editor media yang tergabung dalam organisasi. Kegiatan ini berlangsung Sabtu, 21 Januari 2023 di Sekretariat SMSI Bandar Lampung.

Yoga Pratama, praktisi SEO yang menjadi pemateri pada pelatihan ini menjelaskan SEO telah menjadi kebutuhan bagi pelaku usaha yang menjalankan bisnis digital seperti media online.

Menurut Penulis Novel Begal Cinta itu, campur tangan SEO dalam penulisan berita atau artikel dapat membantu mendongkrak performa tulisan, sehingga mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google.

"Misalnya saja, penggunaan judul yang sesuai SEO, kemudian ditambah artikel yang sesuai SEO, ini akan mendorong mesin pencari seperti Google merayapi artikel yang seseorang buat," ungkap Yoga.

Ia melanjutkan, kaidah SEO di judul, artikel, juga pada keterangan foto, menjadi dasar yang harus dipahami seorang penulis konten. Karena pada dasarnya, salah satu kaidah dalam SEO, salah satunya penggunaan kata kunci dalam judul maupun isi artikel.

Hal prinsip sederhana yang akan dibahas dalam materi SEO dalam media online ini harus menerapkan prinsip people, place, things (PPT) atau orang, tempat, benda.

People itu misalnya seperti nama orang, lembaga kelompok, nama merk, yang akan digunakan sebagai subjek dalam berita. Lalu, place berupa tempat, misal, seperti Kota Bandar Lampung atau kota lainnya, Kabupaten, Desa, Provinsi.

"Itulah yang nantinya akan menjadi predikat dalam berita, termasuk judul," imbuhnya.

Terakhir things, ini sebuah peristiwa yang terjadi. "Jadi apa yang akan dibahas isunya, misal sebuah kegiatan, apa nama kegiatannya, apa hasil kegiatannya," tandas pria yang akrab disapa Goy di kalangan jurnalis Lampung ini.

Ketua Panitia M. Ridho Azhari yang juga Ketua Bidang Teknologi dan Informasi SMSI Bandar Lampung berharap pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan para jurnalis dan editor dalam mengoptimalkan kinerja media online masing-masing. (*)

RELATED NEWS