Sidak ke Pasar Mendag Kaget Harga Bahan Pokok Masih Tinggi

Yunike Purnama - Jumat, 17 Juni 2022 05:56
Sidak ke Pasar Mendag Kaget Harga Bahan Pokok Masih TinggiMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat blusukan ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 16 Juni 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (sumber: trenasia.com)

JAKARTA - Sehari setelah dilantik Presiden Joko WIdodo (Jokowi), Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan langsung melakukan sidak ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meninjau harga bahan pokok di pasaran.

Usai berkeliling, Zulhas mengaku kaget setelah mngetahui harga-harga bahan pokok yang masih saja melambung.

"Saya terus terang syok juga, jadi pembelinya ngeluh, dan pedagangnya ngeluh juga. Terasa sekali beban hidup melihat. Kita melihat harga bahan pokok meningkat," kata Zulkifli di Pasar Cibubur pada Kamis, 16 Juni 2022 dikutip dari TrenAsia jaringan Kabarsiger.

Kader PAN ini menemukan harga cabai naik hingga 30% mencapai Rp100.000 per kg. Kemudian harga bawang merah juga naik sebesar 20%, telur juga alami kenaikan Rp29.000 per kg.

Temuan lain saat sidak pasar yang didapat Zulhas yaitu harga daging sapi naik namun daya pembelinya turun drastis imbas isu PMK.

Zulkifli akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, Menteri Pertanian hingga produsen pangan untuk merumuskan kebijakan penurunan harga pangan. Ia berjanji akan bekerja secara cepat menyelesaikan hal ini.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Zulkifli Hasan resmi dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Seusai dilantik Zulhas mendatangi kantor Kemendag dan melakukan sertijab secara tertutup bersama Muhammad Lutfi pada 15 Juni 2022. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS