Siapkan Generasi Sadar Pajak, DJP Bengkulu Lampung Gelar Pajak Bertutur

Yunike Purnama - Sabtu, 20 Agustus 2022 10:59
Siapkan Generasi Sadar Pajak, DJP Bengkulu Lampung Gelar Pajak BertuturPajak Bertutur adalah rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan literasi kesadaran pajak kepada dunia pendidikan, bertujuan untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini. (sumber: DJP Bengkulu Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung beserta seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung  menggelar kegiatan Pajak Bertutur yang juga dilaksanakan serentak oleh semua unit kerja Direktorat Jenderal Pajak di seluruh Indonesia.

Pajak Bertutur adalah rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan literasi kesadaran pajak kepada dunia pendidikan, bertujuan untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini serta menyiapkan generasi emas yang sadar pajak.

Selain itu Pajak Bertutur juga dilaksanakan untuk memeriahkan dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Pajak Bertutur 2022 mengusung tema  ‘Generasi Sadar Pajak, Muda Berkreasi Membangun Negeri' dan tagline ‘Pajak bertutur  2022: Sehari Mengenal, Selamanya Bangga’.

Kegiatan Pajak Bertutur di lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dilaksanakan bersama 14 Perguruan Tinggi yang telah menjalin kerja sama pembentukan Tax Center dengan dilaksanakan secara hybrid, baik luring dan daring yang disesuaikan dalam situasi pandemi Covid-19 dan kondisi jarak peserta.

Adapun Tax Center 14 Perguruan Tinggi yang  mengikuti Pajak Bertutur secara luring dan daring yaitu:

Secara Luring:
• IIB Darmajaya;
• Universitas Lampung;
• Politeknik Negeri Lampung;
• Universitas Malahayati;
• Universitas Mitra Indonesia;
• Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras
• Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai; dan
• Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Secara Daring:
• Universitas Muhammadiyah Metro;
• Universitas Muhammadiyah Pringsewu;
• Universitas Muhammadiyah Bengkulu
• Universitas Ratu Samban
• IAIN Curup
• UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Kegiatan ini diikuti oleh 137 Peserta, yang terdiri dari perwakilan Dosen Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) dan mahasiswa dari 14 Universitas yang tergabung dalam Tax Center.

Pada saat yang sama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di lingkungan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung juga mengadakan Pajak Bertutur di wilayah kerja masing-masing dengan melibatkan siswa SMP dan SMA.

Dalam Pajak Bertutur 2022, rangkaian acara yang dilaksanakan terdiri dari:
Siaran Menteri Menyapa yang disiarkan langsung oleh Kanpus DJP, materi Pajak Bertutur 2022 oleh Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil Bela hingga permainan Kahoot dengan ames berhadiah menarik.

Dalam Kegiatan Pajak Bertutur 2022, pada sesi Menteri Menyapa, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati menyampaikan apapun profesi yang dipilih oleh  generasi muda kelak, mereka harus menjalankan kewajiban perpajakan secara benar sebagai perwujudan rasa cinta kepada bangsa dan negara.

Hal tersebut juga merupakan bentuk dukungan dalam proses pencapaian cita-cita besar Republik Indonesia.

Generasi muda memiliki peran dan tanggungjawab dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan 
sejahtera.

Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum Taufiq Widyantoro mengapresiasi stakeholders, dalam hal ini Perguruan Tinggi yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan inklusi kesadaran pajak yang diadakan Direktorat  Jenderal Pajak.

Melalui inklusi perpajakan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta kesadaran perpajakan mahasiswa melalui proses belajar-mengajar. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Pajak Bertutur 2022Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS