Sepekan BEI Catat Empat IPO, Penerbitan Satu Obligasi dan Sukuk

Yunike Purnama - Minggu, 11 Desember 2022 12:26
Sepekan BEI Catat Empat IPO, Penerbitan Satu Obligasi dan SukukIlustrasi pergerakan IHSG. (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat empat perusahaan melaksanakan initial public offering (IPO) dan pencatatan perdana saham selama sepekan periode 5-9 Desember 2022.

Diawali oleh PT Techno9 Indonesia Tbk. (NINE), pada Senin, 5 Desember 2022 Saham NINE resmi dicatatkan pada Papan Akselerasi BEI, dan menjadi perusahaan tercatat ke-55 di BEI pada tahun 2022.

NINE bergerak pada sektor Technology dengan subsektor Technology Hardware & Equipment. Adapun industri dan subindustri NINE yaitu Computer Hardware.

Kemudian, PT Multi Medika Internasional Tbk. (MMIX) turut melaksanakan pencatatan saham perdana pada Selasa, 6 Desember 2022 Saham dan waran MMIX resmi dicatatkan pada Papan Pengembangan BEI, dan menjadi perusahaan tercatat ke-56 yang tercatat di BEI pada tahun 2022.

MMIX bergerak pada sektor Healthcare dengan subsektor Healthcare Equipment & Providers. Adapun Industri MMIX yaitu Healthcare Equipment & Supplies dengan subindustri Healthcare Supplies & Distributions.

Kemudian pada Kamis, 8 Desember 2022 PT Personel Alih Daya Tbk. (PADA), saham PADA resmi dicatatkan pada Papan Pengembangan BEI, dan menjadi perusahaan tercatat ke-57 yang tercatat di BEI pada tahun 2022.

PADA bergerak pada sektor Industrials dengan subsektor Industrial Services. Adapun industri PADA yaitu Professional Services dengan subindustri Human Resource & Employment Services.

Pada Jumat, 9 Desember 2022 PT Isra Presisi Indonesia Tbk. (ISAP), saham dan waran ISAP resmi dicatatkan pada Papan Akselerasi BEI, dan menjadi perusahaan tercatat ke-58 yang tercatat di BEI pada tahun 2022.

ISAP bergerak pada sektor Consumer Cyclicals dengan subsektor Automobiles & Components. Adapun industri ISAP terdiri dari Auto Components dengan subindustri Auto Parts & Equipments.

Beralih pada pencatatan obligasi serta sukuk di BEI pada pekan ini, pada Senin, 5 Desember 2022 PT Bussan Auto Finance menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Bussan Auto Finance Tahap II Tahun 2022 yang resmi dicatatkan di BEI dengan nilai nominal sebesar Rp1.200.000.000.000,00.

Hasil pemeringkatan dari PT Fitch Rating Indonesia (Fitch) dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) mengenai obligasi terkait masing-masing adalah AAA(idn) (Triple A) dan idAAA (Triple A). PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. bertindak sebagai wali amanat dalam emisi ini.

Pada hari yang sama, PT Intiland Development Tbk. menerbitkan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Intiland Development Tahap III Tahun 2022 yang resmi dicatatkan di BEI dengan nilai nominal sebesar Rp250.000.000.000,00.

PT Kredit Rating Indonesia menyematkan peringkat untuk sukuk tersebut adalah irA- (Single A Minus). PT Bank Mega Tbk. bertindak sebagai wali amanat emisi ini.

Total emisi obligasi dan sukuk yang telah tercatat sepanjang tahun 2022 mencapai 117 emisi dari 73 emiten senilai Rp147,00 triliun. Maka total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI sampai dengan saat ini berjumlah 514 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp450,95 triliun dan USD47,5 juta, diterbitkan oleh 125 emiten.

Surat Berharga Negara (SBN) tercatat di BEI berjumlah 179 seri dengan nilai nominal Rp5.163,21 triliun dan USD438,31 juta. Efek Beragun Aset (EBA) sebanyak 10 emisi senilai Rp3,07 triliun.

Selain itu, pada Selasa, 6 Desember 2022 bertempat di Main Hall BEI, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menandatangani Nota Kesepahaman bersama BEI. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid dan Direktur Utama BEI Iman Rachman.

Acara ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan peran pasar modal Indonesia sebagai alat investasi kepada para pelaku usaha. Selain itu, penandatanganan nota kesepahaman ini juga diharapkan dapat membantu mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perusahaan yang siap untuk melantai di Bursa dengan mekanisme Initial Public Offering (IPO).(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS