Senat Itera Tetapkan Tiga Calon Rektor untuk Diserahkan ke Mendikbudristek

Eva Pardiana - Jumat, 15 April 2022 05:20
Senat Itera Tetapkan Tiga Calon Rektor untuk Diserahkan ke MendikbudristekLima bakal calon rektor Itera foto bersama selepas pemaparan visi, misi, dan program kerja dalam Sidang Terbuka Senat Itera, di Aula Gedung Kuliah Umum Itera, Kamis, 14 April 2022. (sumber: Humas Itera)

LAMPUNG SELATAN – Senat Institut Teknologi Sumatera (Itera) menetapkan tiga nama calon rektor periode 2022–2026, yaitu Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha, dan Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T., dalam sidang tertutup Senat Itera, Kamis, 14 April 2022.

Ketua Senat ITERA Prof. Dr. Sukrasno, M.S., menyampaikan ketiga nama calon rektor Itrea tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) untuk dikaji sebelum dilaksanakan tahapan pemilihan Rektor Itera berikutnya yang dijadwalkan pada 12 Mei 2022 mendatang.

Sebelum menetapkan tiga calon rektor, lanjut Sukrasno, senat Itera telah melaksanakan proses penjaringan yaitu membuka pendaftaran, dan dilanjutkan dengan seleksi berkas.

Dari proses tersebut, terjaring enam nama yang telah ditetapkan sebagai bakal calon Rektor Itera yaitu Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha, Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward, Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, M.T., dan Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T., pada 31 Maret 2022 lalu. Namun satu bakal calon rektor yakni Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., mengundurkan diri sebelum mengikuti tahapan penyaringan.  

Kelima kandidat bakal calon Rektor Itera yang masih bertahan selanjutnya mengikuti proses penyaringan dengan memaparkan visi, misi, dan program kerja di hadapan anggota senat dan sivitas akademika Itera, dalam Sidang Terbuka Senat Itera, di Aula Gedung Kuliah Umum Itera, Kamis, 14 April 2022.

Dalam kesempatan tersebut bakal calon R
Rektor juga menjawab berbagai pertanyaan dari panelis perwakilan dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholder alumni yang dimoderatori jurnalis senior, Juwendra Asdiansyah. Tahap penyaringan diakhiri dengan penilaian dari seluruh anggota senat dalam sidang tertutup Senat Itera untuk menentukan calon Rektor Itera.

Rektor Itera Prof. Dr. Ing. Drs. Mitra Djamal, IPU, berharap rektor terpilih nantinya bersedia melanjutkan program pembangunan yang sudah berjalan di Itera selama ini, bahkan jauh lebih baik lagi.  “Sebab selama ini percepatan yang dilakukan Itera sudah cukup baik, mudah-mudahan rektor Itera kedepan siap menghadapi tantangan dan terus membangun dan memajukan Itera,” tutup Mitra. (EP)

RELATED NEWS