Semen Baturaja (SMBR) Rombak Jajaran Komisaris dan Direksi

Yunike Purnama - Rabu, 25 Januari 2023 08:06
Semen Baturaja (SMBR) Rombak Jajaran Komisaris dan DireksiPT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) melakukan Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa, 24 Januari 2023. (sumber: Dok SMBR)

JAKARTA - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) melakukan Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa, 24 Januari 2023. Dalam RUPSLB, perseroan membahas terkait Anggaran Dasar Perseroan dan Perubahan Pengurus Perseroan.

Komisaris Utama Franky Sibarani mengungkapkan, adanya perubahan Anggaran Dasar Perseroan didasari atas bergabungnya SMBR dengan PT Semen  Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dalam holding subklaster semen.

Pada akhir 2022 menjadi juga menjadi milestone bersejarah bagi SMBR, di mana proses integrasi SMBR ke SIG berhasil diselesaikan dan telah melengkapi seluruh tahapan pembentukan holding BUMN Sub klaster semen.

Hal ini ditandai dengan  penandatanganan Akta Perjanjian Pengalihan Saham pada tanggal 19 Desember 2022 antara Negara Republik Indonesia dan SIG.

Di mana sebanyak 7.499.999.999 (tujuh miliar empat ratus sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan) Saham Seri B milik Negara RI di SMBR beralih kepemilikannya kepada SIG, sehingga status SMBR berubah menjadi Non-Persero dan menjadi salah satu anak perusahaan SIG.

Tak ketinggalan, selain perubahan nama dalam RUPSLB juga memutuskan perubahan beberapa pasal dalam anggaran dasar Perseroan. Antara lain terkait modal, saham, tugas, wewenang dan kewajiban direksi, rapat direksi, rencana kerja dan anggaran tahunan, dan pasal lainnya yang mengatur anggaran dasar.

Direksi ikut dirombak dalam RUPLS ini, dalam Susunan Pengurus Perseroan. memberhentikan dengan hormat anggota Dewan Komisaris yaitu Komisaris Independen Darusman Mawardi dan Komisaris Oke Nurwan.

Sebagai gantinya perseroan mengangkat Hadi Daryanto sebagai Komisaris Perseroan. Lalu perseroan juga memberhentikan dengan hormat anggota Direksi SMBR yaitu Direktur Pemasaran, Mukhamad Saifudin dan Direktur Umum & SDM, Gatot Mardiana.

Selanjutnya terdapat perubahan nomenklatur Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko menjadi Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM), Direktur Produksi dan Pengembangan menjadi Direktur (Fungsi Operasi Perseroan).

Berikut susunan Dewan Komisaris SMBR terkini :
Komisaris Utama : Franciscus M.A Sibarani
Komisaris Independen : Chowadja Sanova
Komisaris : Hadi Daryanto

Berikut susunan Direksi Semen Baturaja terkini :
Direktur Utama : Daconi Khotob
Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM Perseroan) : Tubagus Muhammad Dharury 
Direktur (Fungsi Operasi Perseroan) : Suherman Yahya. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS