Samsung Kenalkan Memori Baru LPDDR5X untuk Ponsel 5G

Yunike Purnama - Kamis, 18 November 2021 09:02
Samsung Kenalkan Memori Baru LPDDR5X untuk Ponsel 5GSamsung berhasil membuat memori terbaru yang diberi nama LPDDR5X, memori ponsel ini diutamakan untuk menggunakan ponsel dengan kapasitas 5G di masa depan. (sumber: Samsung.com)

SAMSUNG memang dikenal oleh dunia sebagai pengembang chip yang memiliki kualitas yang sangat baik.

Sekarang, Samsung berhasil membuat memori terbaru yang diberi nama LPDDR5X. memori ponsel ini diutamakan untuk menggunakan ponsel dengan kapasitas 5G di masa depan.

Raksasa teknologi dari Korea Selatan ini terus mengembangkan potensi chip terbarunya untuk penggunaan ponsel dan akan tetap menjadi raksasa produsen ponsel terkemuka di dunia.

Dikutip dari Samsung.com, Samsung membuat memori baru dalam bentuk Low Power Double Data Rate 5X atau LPDDR5X DRAM yang dirancang untuk mendorong perkembangan ponsel 5G dan artificial Intelligence

Memori ini memiliki kemampuan untuk melakukan komputasi tinggi sehingga cocok untuk aplikasi yang membutuhkan proses tinggi seperti AI.

Memori terbaru ini dirancang untuk mampu meningkatkan kecepatan pemrosesan data kapasitas dan penghematan daya. Pada generasi sebelumnya, LPDDR hanya tersedia dalam kapasitas 8 GB.

Memori terbaru ini diharapkan akan membantu dalam optimasi perangkat yang menggunakan jaringan 5G.

Tidak tanggung-tanggung, memori ini hadir dalam kapasitas DRAM mencapai 16 GB dua kali lipat dari pendahulunya.

Pihak Samsung, lewat wakil presiden senior dan kepala tim desain DRAM mengatakan bahwa penggunaan memori LPDDR5X ini akan diperluas dan juga menghadirkan kemampuan baru untuk aplikasi berbasis AI seperti server dan juga mobile.

Memori LPDDR5X ini menawarkan kecepatan pemrosesan data hingga 8.5 Gigabit per detik (Gbps).

Kecepatan ini melampaui kecepatan tertinggi yang sudah dicapai oleh generasi sebelumnya yakni LPDDR5 yang hanya 6.4 Gbps.

Dengan memanfaatkan teknologi proses DRAM yang menggunakan resistor berdiameter 14nm, memungkinkan memori ini untuk bekerja lebih efisien.

Memori ini mengunakan daya yang lebih sedikit namun memberikan kemampuan komputasi yang lebih tinggi.

LPDDR5X diklaim mampu menggunakan daya 20% lebih sedikit dari LPDDR generasi sebelumnya.

Selain penggunaan daya yang lebih sedikit, memori ini memungkinkan untuk digabungkan menjadi 64 GB per paketnya.

Sistem yang baru ini akan mengakomodasi peningkatan permintaan chip untuk DRAM berkapasitas tinggi di dunia, mengingat perkembangan android sekarang yang semakin memerlukan banyak memori RAM.

Pada akhir tahun ini, Samsung akan bekerja dengan beberapa produsen chip dunia untuk membangun produksi memori ini guna digunakan untuk membangun digital reality yang lebih baik.

Dengan menggunakan LPDDR5X ini sebagai pondasi, diharapkan Samsung mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan chip memori yang lebih baik untuk digunakan di dalam ponsel. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags LPDDR5XChipBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS