Sambut Wali Kota Se-Indonesia, Pemkot Bandar Lampung Anggarkan Rp6 Miliar

Eva Pardiana - Rabu, 25 Mei 2022 13:33
Sambut Wali Kota Se-Indonesia, Pemkot Bandar Lampung Anggarkan Rp6 MiliarPenjabat (Pj) Sekretaris Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mengalokasikan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk menggelar acara HUT Ke-22 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada 27–29 Mei 2022 mendatang.

"Tetapi serapannya kita tidak tahu, bisa saja tidak tercapai angka itu. Karena memang pengeluaran yang paling besar itu adalah kegiatan, mulai dari akomodasi, konsumsi, sewa kendaraan, dan itu menjadi tanggung jawab kita," papar Penjabat (Pj) Sekretaris Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya, Rabu, 25 Mei 2022.

Menurut Sukarma, dengan menjadi tuan rumah HUT Ke-22 Apeksi, Bandar Lampung memiliki kesempatan untuk mempromosikan destinasi wisata kepada wali kota dari berbagai daerah se-Indonesia. Dengan begitu, Kota Tapis Berseri menjadi kota tujuan untuk kegiatan skala nasional.

"Karena selama ini kan kita hanya melihat kunjungan-kunjungan dadakan saja wisata dari tetangga-tetangga. Kita ingin secara keseluruhan Bandar Lampung itu layak menjadi kota tujuan dan memacu PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita juga," ungkap Sukarma.

Beberapa Wali Kota Hadir Lebih Awal

Sukarma juga mengatakan saat ini beberapa wali kota peserta HUT Ke-22 Apeksi telah tiba di Kota Tapis Berseri.

"Sudah hadir lebih awal, jadi hadir lebih awal ini di luar skedul yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Menurutnya, meskipun beberapa wali kota hadir di luar jadwal yang ditetapkan, hal itu tidak menjadi masalah, pasalnya mereka memiliki waktu lebih banyak untuk mengenal Kota Bandar Lampung.

"Selaku tuan rumah yang baik karena sudah ditunjuk, beberapa teman-teman OPD yang akan mulai melayani. Artinya terkait kepentingan-kepentingan beliau-beliau selama di Kota Bandar Lampung sebelum terselenggaranya apeksi ini dimulai (akan tetap dilayani)," jelasnya.

Selanjutnya, terkait informasi kendaraan peserta Apeksi, Sukarma menjelaskan pihak Pemkot Bandar Lampung akan menyiapkan seluruhnya.

"Jadi gini, itu memang benar, melalui Dinas Perhubungan, kita sebagaimana yang sudah disampaikan yaitu memfasilitasi baik itu akomodasi penginapan berupa hotel, kemudian makan peserta selama di Bandar Lampung, kemudian kendaraan itu memang menjadi kewajiban kita sebagai tuan rumah," ujarnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS