Rupiah Berpotensi Menguat di Kisaran Rp14.330—Rp14.350

Chairil Anwar - Jumat, 25 Februari 2022 11:49
Rupiah Berpotensi Menguat di Kisaran Rp14.330—Rp14.350 <p>Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p> (sumber: <p>Foto: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA — Nilai tukar rupiah atau kurs rupiah diprediksi berbalik menguat pada perdagangan Jumat, 25 Februari 2022, di kisaran Rp14.330—Rp14.350 per dolar AS. Analis keuangan, Ariston Tjendra, mengatakan potensi ini mengikuti sentimen positif pelaku pasar terhadap aset bersiko seperti rupiah pada pagi hari ini.

"Kelihatannya pasar optimistis perang besar tidak akan terjadi. Presiden Biden dan para pemimpin Eropa kelihatannya tidak mengambil jalan konfrontasi militer menanggapi invasi Rusia ke Ukraina," ujar Ariston pada TrenAsia.com Jumat, 25 Februari 2022.

Pasar juga meyakini Biden dan pemimpin Eropa lainnya akan lebih memilih pemberian sanksi ekonomi dan jalur diplomasi untuk memaksa Rusia mundur keluar dari Ukraina.

Akan tetapi, situasi konflik ini masih sangat dinamis, sehingga para pelaku pasar akan tetap mengamati setiap perkembangan dari ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina.

Selain itu, balasan milter oleh NATO juga akan memberikan tekanan ke pasar keuangan dan sebaliknya usaha diplomasi akan memberikan dorongan positif bagi pasar keuangan yang dapan menyokong kenaikan harga dari nilai tukar rupiah. (RIL) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Merina pada 25 Feb 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS