Resmi Meluncur, WhatsApp Cloud API Mampu Tingkatkan Produktifitas UMKM

Yunike Purnama - Minggu, 22 Mei 2022 10:27
Resmi Meluncur, WhatsApp Cloud API Mampu Tingkatkan Produktifitas UMKMCEO META Mark Zuckerberg. (sumber: META Newsroom)

META perusahaan induk dari WhatsApp, Facebook dan Instagram resmi meluncurkan layanan WhatsApp Cloud API (antarmuka pemrograman aplikasi) yang merupakan versi cloud dari WhatsApp Business API.

Meta mengatakan WhatsApp Business API adalah platform premium untuk usaha skala menengah dan besar yang mengharuskan pelanggan membayar biaya langganan. API (Application Program Interface) sendiri adalah program yang ditujukan untuk membangun software WhatsApp.

WhatsApp Cloud API adalah tool berbasis cloud untuk pengembang, namun tetap di-host oleh Meta. Jadi pelaku bisnis atau pengembang bisa menggunakan WhatsApp Cloud API untuk menyediakan layanan WhatsApp Business dengan fitur dan antarmuka yang dapat dikustom.

"Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami membuka WhatsApp untuk bisnis apapun, dengan ukuran berapapun di seluruh dunia dengan WhatsApp Cloud API," kata CEO META Mark Zuckerberg dalam sambutannya di Conversations 2022 seperti dikutip TechCrunch pada Minggu, 22 Mei 2022.

"Hanya dalam beberapa menit, setiap pelaku bisnis atau pengembang bisa dengan mudah mengakses layanan kami, membangun langsung WhatsApp yang dapat disesuaikan, sehingga mempercepat waktu respons mereka ke pelanggan, dengan menggunakan WhatsApp Cloud API," ucapnya.

Meta mengungkapkan platform Cloud API dapat membantu mitra memangkas biaya server yang mahal dan menyiapkan layanan pesan instan yang lebih cepat. Fasilitas ini juga menjadi solusi agar pelaku bisnis mendapat akses cepat ke fitur baru WhatsApp Business.

"Untuk mitra kami, layanan baru ini akan menghilangkan biaya server yang mahal dan memberi mereka akses instan ke fitur-fitur baru," ujar Zuck.

Mnurut WABetaInfo, Meta akan menghadirkan tool canggih dan opsional, seperti dukungan tautan pendek yang khusus dan privat untuk memudahkan pelanggan memulai chat.

Nantinya, WhatsApp Cloud API juga memiliki kemampuan menautkan hingga 10 perangkat sehingga pengguna WhatsApp Business bisa mengelola obrolan dengan pelanggan secara lebih baik.(*)

Editor: Yunike Purnama
Tags WhatsApp Cloud API Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS