Kecanggihan MLFF, Teknologi Bayar Tol tanpa Berhenti

Eva Pardiana - Sabtu, 21 Mei 2022 21:09
Kecanggihan MLFF, Teknologi Bayar Tol tanpa BerhentiBayar Tol Tanpa Setop Mulai Berlaku Akhir 2022, Intip Kecanggihan Multi Lane Free Flow (MLFF)/ Foto: pu.go.id (sumber: 2020/09/Tol-Pekanbaru.jpeg)

JAKARTA — Pembayaran jalan tol di Indonesia sebentar lagi akan beralih menggunakan teknologi Multi Lane Free Floe (MLFF). Pengguna jalan tol akan semakin mudah saat dalam perjalanan ketika MLFF ini berhasil diterapkan di seluruh jalan tol di Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jumat, 20 Mei 2022, penggunaan MLFF yang mengacu pada toll road 4.0 dalam peningkatan pelayanan akan diberlakukan secara bertahap pada akhir 2022 dan keseluruhannya pada 2023.

"Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol. Namun, sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," kata Kepala BPJT Danang Parikesit.

Berikut TrenAsia.com rangkum apa saja kecanggihan teknologi NLFF yang akan dipakai di jalan tol Indonesia.

Pakai Teknologi GNSS

Teknologi ini menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS). Alat ini nantinya dipasang di mobil dan dibaca oleh satelit.

Kelebihan alat ini di antaranya dapat memberikan berbagai informasi dengan mudah yang bisa didapatkan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja tanpa terkendala macasalah cuaca. Kemudian, Alat ini juga dapat membaca posisi, waktu, dan kecepatan kendaraan.

Alat ini dapat digunakan di dalam berbagai wahan seperti mobil, kapal, dan sebagainya. Selain itu, data yang didapat tidak dapat dimanipulasi sehingga keamanannya terjaga. Karena itu, penggunaan alat ini dapat memberikan kenyamanan sekaligus menjaga keamanan data pribadi bagi pengguna jalan tol.

Tersambung dengan Ponsel

Karena dibaca oleh satelit, alat GNSS tadi akan tersambung dengan ponsel pengguna jalan tol. Penempatan pada ponsel bisa dinilai lebih efisien karena ponsel saat ini menjadi salah satu barang yang selalu dibawa kemanapun setiap waktu, sehingga alat ini bisa menjangkau lebih mudah para pengendara yang melintas di jalan tol.

Perangkat Electronic Route Ticket dan E-UBO

Saat satelit tersambung di ponsel maka transaksi nirsentuh ini akan menggunakan perangkat yang sudah dimiliki pengguna jalan tol.

Perangkat yang digunakan di antaranya Elektronic On-Board Unit (E-OBU) atau Electronic Route Ticket. 

Dari perangkat tersebut pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai. (*) 

 

Editor: Eva Pardiana
Tags jalan tolteknologiBagikan

RELATED NEWS