Resmi ke Arsenal, Declan Rice Digaji Rp1,9 Miliar per Minggu

Yunike Purnama - Senin, 17 Juli 2023 08:01
Resmi ke Arsenal, Declan Rice Digaji Rp1,9 Miliar per MingguArsenal secara resmi memperkenalkan Declan Rice sebagai rekrutan anyar ketiga pada 15 Juli 2023. (sumber: Ist)

JAKARTA – Arsenal secara resmi memperkenalkan Declan Rice sebagai rekrutan anyar ketiga pada 15 Juli 2023. Pemain berusia 24 tahun itu diboyong dari West Ham United dengan mahar 105 juta poundsterling atau setara Rp1,99 triliun. (Asumsi kurs Rp19.640 per satu pound.)

Melansir The Independent, Senin, 17 Juli 2023, Rice dilaporkan menolak kontrak baru dari West Ham United dengan penawaran gaji 100 ribu pound per minggu (Rp1,9 miliar). Ia lebih tertarik bergabung ke Arsenal, lantaran mampu memberikan upah fantastis, sekaligus kontrak jangka panjang hingga 2027 mendatang.

Dengan demikian, gaji per tahun yang ia peroleh di Arsenal naik 10 juta pound per tahun (Rp196 miliar). Saat masih membela West Ham, pemain timnas Inggris ini hanya mendapatkan upah 3 juta pound per tahun (Rp58 miliar), kini meningkat jadi 13 juta pound per tahun (Rp255 miliar).

Maka secara matematis, Rice di Arsenal akan mendapatkan bayaran sebesar 250 ribu pound per minggu (Rp4,9 miliar), 36 ribu pound per hari (Rp707 juta), dan mampu menghasilkan 1488 ribu pound per jam (Rp29 juta). Dapat dikatakan dirinya tidur saja pun mendapatkan uang. 

Kendati begitu, bayaran Rice di Arsenal masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan beberapa bintang liga premier Inggris lainnya. Semisal pemain Manchester United, Casemiro yang mendapatkan upah 350 ribu pound per pekan (Rp6,8 miliar) atau bintang Manchester City, Kevin De Bruyne yang memiliki gaji 400 ribu pound per pekan (Rp7,8 miliar).    

Alasan Arsenal Boyong Declan Rice

Direktur Teknik Arsenal Edu Gaspar mengatakan Rice adalah pemain berkualitas. Maka tak ada salahnya melakukan pembelian yang mengeluarkan biaya yang cukup fantastis. 

“Rice adalah pemain internasional muda berkualitas tinggi yang akan menambah kekuatan besar bagi skuat kami, sangat cocok dengan strategi kami untuk bersaing dengan pemain muda berbakat di pusat klub kami,” terang Edu dikutip TrenAsia dari laman resmi Arsenal. 

Pelatih Kepala Arsenal Mikel Arteta juga mengaku sangat senang atas kedatangan Rice. Ia menilai mantan kapten West Ham United mampu membawa mental juara ke timnya. Pasalnya dia pada musim lalu mampu menghantarkan West Ham United memenangkan trofi kasta tiga Eropa.

“Declan memiliki pengalaman hebat di Liga Premier saat baru berusia 24 tahun. Dia telah menjadi kapten tim West Ham yang sangat bagus dan seperti yang kita semua lihat, dia baru saja mengangkat trofi Eropa. Tanggung jawab dan peran yang dia ambil sangat mengesankan dan kami sangat senang dia bergabung dengan kami,” ungkap Arteta. 

Profil Declan Rice 

Declan Rice adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Inggris. Ia bermain sebagai gelandang bertahan dan juga sebagai bek tengah. Rice lahir pada tanggal 14 Januari 1999 di London, Inggris.

Rice memulai karir juniornya di klub Chelsea sebelum pindah ke akademi West Ham United pada usia 14 tahun. Ia kemudian naik ke tim senior West Ham United pada tahun 2017. Sejak saat itu, Rice telah menjadi salah satu pemain terkemuka dalam tim dan sering menjadi kapten tim. Kini ia pindah ke Arsenal dan menjadi pemain Britania Raya termahal sepanjang sejarah. 

Prestasi Rice di level klub pada musim lalu, ia mampu membantu West Ham United menjuarai UEFA Conference League. Sebelumnya ia pernah termasuk membwa The Hammers finish posisi keenam Liga Premier Inggris musim 2020-2021. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS