Rektor Unila Optimistis Capai Target 100 Guru Besar Tahun 2023

Eva Pardiana - Sabtu, 02 Juli 2022 18:58
Rektor Unila Optimistis Capai Target 100 Guru Besar Tahun 2023Rektor Universitas Lampung Prof. Karomani (tengah) dalam acara Refleksi Dua Tahun Kepempiminnya, Kamis (25/11/2021) di Gedung Rektorat kampus setempat. (sumber: Dok. Humas Unila)

BANDAR LAMPUNG – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si. optimistis bisa mencapai target 100 guru besar pada tahun 2023 mendatang. Pasalnya, pertengahan 2022 ini terdapat 8 dosen yang telah memenuhi syarat, sehingga total guru besar yang dimiliki Unila saat ini sebanyak 88 orang.

Karomani mengatakan dengan pertambahan guru besar diharapkan dapat menjadi faktor penentu prestasi akademik Unila hingga bisa masuk jajaran papan atas perguruan tinggi di Indonesia dan universitas di tingkat global.

“Tentu implikasi dari meningkatnya jumlah guru besar ini  juga menunjang IKU (Indikator Kinerja Utama) Unila sebagai perguruan tinggi dan menunjang kinerja akademik pada umumnya,” kata Karomani dalam keterangan resminya di Bandar Lampung, Sabtu, 2 Juli 2022

Karomani menambahkan saat ini masih ada sekitar 40 dosen dari seluruh fakultas yang memenuhi syarat guru besar dan berkas persyaratannya sedang dalam proses di Dikti. Dengan begitu, jika bertambah paling tidak 20 lagi, target capaian Unila untuk memiliki 100 guru besar pada 2023 dapat tercapai.

Di bawah kepemimpinan Karomani, pertambahan jumlah guru besar di Unila tercatat meningkat pesat terutama sejak 2020. Ada pun total guru besar yang dihasilkan selama 2 tahun terakhir ini mencapai 24 orang. Hal ini dibuktikan dengan data penambahan guru besar selama 5  tahun terakhir yang digambarkan dalam tabel.

Dok. Universitas Lampung

Jumlah guru besar yang signifikan merupakan komitmen Karomani dan jajarannya, sehingga mempercepat kelahiran guru besar (profesor) di Unila sesuai dengan ketentuan akan mendorong iklim akademik yang kuat dan mampu menjadi perguruan tinggi unggul.

Delapan guru besar yang segera mengikuti pelantikan antara lain Prof. Dr. Herpratiwi, M.Pd.; Prof. Dr. Flora, M.Pd.; Prof. Dr. Noviany, S.Si., M.Si.; Prof. Drs. Admi Syarif, Ph.D.; Prof. Dr. Emantis Rosa, M.Biomed.; Prof. Dr. Kamisah Delilawati Pandiangan, S.Si.,M.Si.; Prof. Dr. Ir. I Gede Swibawa, M.S.; dan Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani.,D.E.A. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS