Dispora Apresiasi Lilac Gelar Kompetisi di Tengah Kekosongan Pengprov Porserosi Lampung

Eva Pardiana - Sabtu, 02 Juli 2022 15:36
Dispora Apresiasi Lilac Gelar Kompetisi di Tengah Kekosongan Pengprov Porserosi LampungPeserta National Freestyle Slalom Skating Competition Lampung Open 2022 foto bersama Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dispora Provinsi Lampung Budhi Martha Utama di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Bandar Lampung, Sabtu, 2 Juli 2022. (sumber: Eva Pardiana/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dispora Provinsi Lampung Budhi Martha Utama memberikan apresiasi atas perjuangan Lampung Inline Skate Club (Lilac) menggelar kompetisi nasional di tengah kekosongan Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Pengprov Porserosi).

"Tentu bukan hal mudah untuk menggelar kompetisi nasional dengan kondisi organisasi yang masih demisioner. Sebab dukungan organisasi yang sehat menjadi syarat mutlak bagi prestasi yang resmi," ujar Budhi kepada Kabar Siger selepas membuka National Freestyle Slalom Skating Competition Lampung Open 2022 di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Bandar Lampung, Sabtu, 2 Juli 2022.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dispora Provinsi Lampung Budhi Martha Utama. [Foto: Eva Pardiana/Kabar Siger]

Menurut Budi, upaya Lilac menjaga keberlangsungan pembibitan para atlet sepatu roda freestyle patut diacungi jempol.

"Lilac tidak terpengaruh dengan kondisi saat ini dan tetap mengupayakan menggelar kompetisi dengan maksud untuk keberlanjutan pembibitan para atlet," ungkapnya.

Kepada KONI dan Pengprov Porserosi Lampung, Budhi mendorong untuk segera dibentuk kepengurusan baru. Sebab keberadaan wadah organisasi penting bagi keberlangsungan prestasi para atlet.

"Segera bentuk kepengurusan yang sudah kedaluwarsa, karena kalau tidak, tidak ada lembaga yang bertanggung jawab untuk mengikuti event-event selanjutnya untuk Pra-PON, PON, dan kejuaraan nasional lainnya," ungkapnya.

Budhi juga berharap Lampung Open 2022 menjadi momen kebangkitan olahraga di Provinsi Lampung pasca-pandemi Covid-19.

"Kita sudah mengalami stagnansi dua tahun selama pandemi, banyak event olahraga yang mulai bangkit lagi termasuk inline skate ini. Jangan sampai kita kehilangan momen," imbuhnya.

Budhi berpesan Lilac selaku penyelenggara beserta para atlet yang bertanding dapat mengikuti kompetisi ini dengan sportif.

"Lakukan perlombaan dengan kualitas yang baik sehingga menghasilkan prestasi yang akan diakui dan menjadi ajang bagi atlet untuk event-event selanjutnya," tandasnya. 

Penampilan dari tim Lampung Inline Skate Club (Lilac). [Foto: Eva Pardiana/Kabar Siger]

National Freestyle Slalom Skating Competition Lampung Open 2022 diikuti oleh 177 atlet sepatu roda freestyle yang terdiri dari 14 klub dan 3 perorangan. 

Peserta berasal dari 7 provinsi yakni Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Papua.

Ada pun empat kategori yang dipertandingkan yaitu speed slalom, classic slalom, slide, dan skate cross dengan level beginner, junior, youth, dan senior. (EP)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS