Rekomendasi Lokasi Wisata Pantai dan Gunung Populer di Sulawesi Utara

Yunike Purnama - Senin, 10 Juli 2023 17:15
Rekomendasi Lokasi Wisata Pantai dan Gunung Populer di Sulawesi UtaraSulawesi Utara adalah salah satu wilayah di Indonesia yang setiap sudutnya memiliki destinasi wisata alam pantai dan gunung populer (sumber: Ist)

SULAWESI UTARA - Sulawesi Utara adalah salah satu wilayah di Indonesia yang setiap sudutnya memiliki destinasi wisata alam pantai dan gunung populer. Bahkan tak jarang para turis domestik dan mancanegera datang ke sini pada setiap tahun.

Mengacu data Badan Pusat Statistik periode Mei 2023, sebanyak 3.798 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi negeri Nyiur Melampai. Jumlah kunjungan tersebut mengalami penurunan sebesar 8,91% dibanding bulan sebelumnya. 

Namun hal itu tak mengurangi eksotisme beragam wisata Sulawesi Utara. Saking banyaknya pilihan destinasi alam, Anda dapat memilih wisata yang Anda sukai.  Berikut ini 5 rekomendasi wisata alam gunung dan pantai populer di Sulawesi Utara lengkap dengan estimasi waktu perjalanan.

1. Pantai Abadi

Pantai Abadi yang terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ini harus masuk list para traveler. Waktu tempuh menuju objek wisata ini lumayan lama yakni sekitar 2-3 jam. Hal ini lantaran lokasi pantai Abadi jaraknya sekitar 100 km dari Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado.

Kendati demikian, rasa capai Anda saat menempuh perjalanan yang cukup jauh itu akan terbayar lunas seketika. Sebab, keindahan Pantai Abadi sangat tiada tara seperti warna air pantai berwarna biru jernih dan hamparan pasir putih dipastikan membuat anda puas.

2. Danau Tondano

Tak lengkap rasanya jika belum menginjakkan kaki di danau terluas Provinsi Sulawesi Utara yakni Danau Tondano. Danau ini berlokasi di Kota Tondano atau sekitar 30-40 menit dari pusat Kota Manado.

Danau Tondano menjadi wisata populer yang hampir tiap tahunnya tercatat puluhan turis menginjakan kaki di danau yang luasnya 42,78 Km persegi ini.

Keunikan danau Tondano adalah saat berada disana, anda  pemandangan yang dilihat tak hanya air saja, melainkan akan disuguhkan 4 panorama gunung sekaligus.

3. Bunaken

Keindahan taman bawah laut Bunaken sejak lama sudah menjadi wisata populer para turis mancanegara untuk snorkeling, scuba ataupun menikmati eloknya pemandangan bahari yang eksotis di negeri nyiur melambai.

Lokasi pulau Bunaken sendiri terletak di utara kota ibukota Sulawesi Utara yakni Manado. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menyeberang dengan speedboat.

Namun, yang perlu diperhatikan oleh para wisatawan ketika berkunjung disini harus taati aturan yang berlaku demi menjaga keseimbangan ekosistem alam Taman Nasional Bunaken.

4. Danau Linow

Tempat wisata alam populer selanjutnya yakni Danau Linow yang terletak di Kota Tomohon atau sekitar 30 menit dari ibukota Sulawesi Utara.

Daya tarik Danau Linow Tomohon adalah air danau terkadang berubah tiga warna sekaligus yakni coklat, hijau terang, dan biru cerah. Hal itu dikarenakan kadar belerang danau ini yang cukup tinggi.

Merujuk catatan sejarah, terbentuknya Danau Linow disebabkan letusan gunung berapi pada 500.000 tahun lalu. Selain itu, danau ini juga berbatasan langsung dengan gunung berapi aktif Sulawesi Utara yakni gunung Lokon dan Mahawu.

Anda bisa menikmati keindahan Danau Linow dan melihat burung Belibis yang lalu lalang dengan nongkrong di pelataran kafe ada di pinggir danau. Pokok kece banget deh untuk yang berswafoto di Danau Linow.

5. Gunung Klabat

Meski dijuluki Negeri Nyiur Melambai karena banyak mempunyai spot wisata pantai populer, Sulawesi Utara juga memiliki keindahan alam dataran tinggi yakni Gunung Klabat.

Gunung Klabat yang memiliki ketinggian 1.995 mdpl terletak di Kabupaten Minahasa Utara atau sekitar 30 menit dari pusat Kota Manado. Jika kalian ingin mendaki gunung ini, bisa melewati jalur pendakian Airmadidi dan akan melewati 6 pos.

Sementara itu, untuk waktu tempuh menggapai puncak tertinggi di Sulawesi Utara kalian akan membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Tidak usah khawatir kehabisan air karena ada mata air di pos 2, pos 4 dan pos 5.

Adapun keunikan dari gunung Klabat ada di puncaknya. Pasalnya di atas itu ditemukan sebuah danau kecil, keren bukan main kan. Selain itu, Anda juga dapat  menyaksikan fajar menyingsing dari ufuk timur. Pokoknya keren deh.(*)

 

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS