Rekomendasi Film Sebelum Menonton The Batman versi Robert Pattinson

Yunike Purnama - Sabtu, 05 Maret 2022 10:01
Rekomendasi Film Sebelum Menonton The Batman versi Robert PattinsonThe Batman (sumber: DC Films)

BANDARLAMPUNG - The Batman resmi tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu, 2 Maret 2022. Film tersebut merupakan reboot terbaru dari waralaba Batman sekaligus mengawali era baru Batman versi Robert Pattinson.

The Batman mengisahkan tahun kedua Bruce Wayne memburu para kriminal di Kota Gotham. Kehadirannya begitu ditakuti penjahat di penjuru kota karena Batman digambarkan sebagai sosok yang misterius dan brutal.

Film tersebut mengikuti kisah Batman mengejar Riddler, sosok penjahat utama pada edisi ini. Ia merupakan seorang pembunuh berantai yang selalu meninggalkan sebuah pesan berisi teka-teki untuk batman.

Sebagai seorang detektif andal, ia harus memecahkan teka-teki Riddler untuk mengetahui niat sang penjahat. Di sisi lain, korban Riddler terus berjatuhan dan kebanyakan berasal dari kalangan elit Kota Gotham.

Perburuan itu kemudian mengantarkan Wayne ke sebuah petunjuk yang mengungkap rahasia besar Kota Gotham dan keluarganya di masa lalu.

Meski tidak berhubungan dengan semesta DCEU, The Batman memiliki banyak keterkaitan dengan kisah-kisah dan karakter di Kota Gotham.

Demi merasakan pengalaman yang lebih memuaskan, ada baiknya mengetahui sejarah kelam Kota Gotham dengan menyaksikan sejumlah film dan serial berikut.

Berikut rekomendasi film dan serial yang mesti disaksikan sebelum menonton The Batman:

1. Trilogi The Dark Knight

Trilogi The Dark Knight kerap disebut sebagai salah satu karya adaptasi Batman terbaik yang pernah dibuat. Film ini digarap Christopher Nolan dan dibintangi Christian Bale sebagai Batman.

Selain aspek cerita dan sajian audio visual yang apik, trilogi The Dark Night juga mengenalkan banyak karakter penting di sekitar Bruce Wayne dan sejarah tentang Gotham.

Terdapat tiga film yang dapat ditonton, yaitu Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Dark Knight Rises (2012).

2. Batman Returns (1992)

Batman Returns merupakan sekuel film Batman yang dibintangi Michael Keaton. Setelah berhadapan dengan Joker di film pertama, Bruce Wayne kemudian harus menghadapi Oswald 'Penguin' Cobblepot.
Film ini menjadi kemunculan perdana Penguin dan diperankan Danny DeVito. Ia digambarkan sebagai penjahat yang ingin menguasai Gotham.

Meski tidak menjadi penjahat utama, Penguin akan hadir dalam The Batman. Batman Returns dapat menjadi gambaran terkait sosok Penguin yang terkenal licik.

3. Batman Forever (1995)

Batman Forever menjadi sekuel Batman Returns sekaligus film ketiga dari seri Batman. The Riddler menjadi salah satu penjahat dalam film ini bersama dengan Two-Face.

Film ini patut disaksikan sebelum menonton The Batman untuk mengetahui gaya Riddler saat melancarkan kejahatan. Sebab, Riddler memainkan peran penting sebagai musuh utama Bruce Wayne dalam The Batman tahun ini.

4. Gotham (2014 - 2019)
 

Serial Gotham sejatinya tidak berpusat kepada perjalanan Bruce Wayne sebagai sang Caped Crusader. Namun, serial ini menjadi penting karena menceritakan Kota Gotham secara lebih dalam.

Gotham mengisahkan perjalanan James Gordon sebagai detektif jujur di tengah Gotham yang korup. Ia juga berhadapan dengan banyak musuh ikonis asal Gotham, seperti Penguin, Riddler, hingga Carmin Falcone.

James Gordon sendiri menjadi rekan kerja Bruce Wayne yang akan membantu memburu Riddler dalam The Batman.

5. Joker (2019)

Joker merupakan film adaptasi karakter komik DC yang dibintangi Joaquin Phoenix. Film ini berpusat kepada kisah Joker menjadi salah satu penjahat paling ikonis di komik.

Meski tidak ada Batman atau aksi superhero pada umumnya, film ini layak ditonton sebelum menyaksikan The Batman.

Hal tersebut dikarenakan Joker menggambarkan betapa muram dan korupnya kondisi Gotham sehingga banyak penjahat yang lahir dari kota itu.

Film ini juga mempunyai keterkaitan dengan sejarah keluarga Wayne, yang mana berkaitan erat dengan perjalanan Bruce Wayne sebagai pahlawan Gotham.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS