Rayakan Imlek 2023, Google Doodle Hari Ini Bernuansa Tahun Kelinci

Yunike Purnama - Minggu, 22 Januari 2023 13:18
Rayakan Imlek 2023, Google Doodle Hari Ini Bernuansa Tahun KelinciGoogle hari ini, Minggu, 22 Januari 2023 ikut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek dengan menampilkan Google Doodle Imlek di laman depan Google Search. (sumber: Google)

BANDAR LAMPUNG - Google hari ini, Minggu, 22 Januari 2023 ikut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek dengan menampilkan Google Doodle Imlek di laman depan Google Search. Untuk tahun ini, Google menjadikan Tahun Kelinci, sebagai inspirasi untuk Doodle Imlek 2023.

"Kelinci dikenal sebagai yang paling beruntung dari semua dua belas hewan zodiak, melambangkan kasih, keanggunan, dan keindahan," tulis Google dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, mengutip laman informasi Google Doodle, Google menyebut Tahun Kelinci diasosiasikan dengan kedamaian dan kemakmuran.

Karya seni Doodle tahun ini pun dibuat dari kertas, untuk menghormati pemotongan kertas Cina (Jianzhi), yang merupakan tradisi Tahun Baru Imlek sejak lama.

Dalam keterangannya, Google juga menjelaskan bahwa festival Tahun Baru Imlek berasal dari legenda ribuan tahun lalu.

Dalam kisah itu, seekor hewan buas bernama Nian, muncul setiap malam Tahun Baru Imlek dan meneror orang-orang dan ternak. Namun, suara keras, warna merah, dan api, membuat Nian takut.

Sehingga, masyarakat pun mendekorasi pintu mereka dengan kertas merah, menyalakan kembang api, dan membiarkan lentera menyala sepanjang malam.

"Hari ini, warna merah tetap menjadi bagian penting perayaan Tahun Baru Imlek karena orang-orang menggantung lentera merah di jalanan dan memberikan uang dalam amplop merah kepada anak-anak dan pensiunan manula," tulis Google.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS