Rayakan HUT ke-78, KAI Berikan Promo Tiket dan Nostalgia Kuliner

Yunike Purnama - Minggu, 01 Oktober 2023 05:04
Rayakan HUT ke-78, KAI Berikan Promo Tiket dan Nostalgia KulinerIlustrasi kegiatan rayakan HUT KAI ke-78 (sumber: TrenAsia)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) genap merayakan hari ulang tahunnya yang ke-78 pada 28 September 2023. Dalam memperingati Hari Jadi, PT KAI menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat. 

Kegiatan tersebut mulai dari pemberian promo hingga open house di sejumlah tempat. Berikut Trenasia merangkum sejumlah kegiatan salah satu BUMN tersebut.

Promo Tiket

PT KAI menyediakan 73.500 tiket promo untuk berbagai kereta api (KA) jarak jauh dengan berbagai kelas mulai dari ekonomi, bisnis, eksekutif, hingga kelas premium. Tiket promo tersebut hanya dapat diperoleh oleh calon penumpang di KAI Expo 2023. Expo tersebut diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 29 September s.d 1 Oktober 2023. 

Promo yang diberikan KAI yaitu untuk kelas ekonomi seharga Rp50.000, kelas bisnis Rp100.000, kelas eksekutif Rp150.000, dan untuk kelas luxury seharga Rp300.000. Promo tersebut berlaku untuk keberangkatan tanggal 1 hingga 30 Oktober 2023 mendatang untuk puluhan perjalanan kereta di Pulau Jawa dan Sumatra.

Open House Tiga Balai Yasa

Selain memberikan tiket promo kepada pengguna kereta api, PT KAI juga menggelar acara open house di tiga balai yasa. Ketiga balai yasa tersebut yaitu Balai Yasa Manggarai, Balai Yasa Pengok Yogyakarta, dan Balai Yasa Surabaya Gubeng. Acara serupa pernah diselenggarakan PT KAI pada tahun 2022 lalu

Balai yasa sendiri merupakan istilah untuk menyebut bengkel perawatan besar terhadap sarana lokomotif, kereta dan gerbong milik PT KAI. Acara tersebut tergolong langka karena tidak setiap orang bisa mengunjungi lokasi tersebut pada hari biasa.

Acara open house tersebut digelar pada 29 September hingga 1 Oktober 2023. Acara yang diselenggarakan di masing-masing balai yasa berbeda-beda. Meski demikian tidak dikenakan biaya alias free HTM untuk dapat mengikuti acara tersebut bagi yang berminat. 

Balai Yasa Manggarai menggelarnya dengan menyelenggarakan acara pameran produk unggulan, mini tour, diorama dan videografi, mini bazaar, panggung hiburan music dan sports & fun game. Bagi yang berminat mengikuti acara tersebut maka dapat mendaftarkan diri pada tautan bit.ly/bymri2023.

Kemudian di Balai Yasa Pengok Yogyakarta open house digelar dengan menyelenggarakan sejumlah acara meliputi Wahana KRDE tour, wahana workshop tour & dokumentasi sejarah perkeretaapian, lomba mewarnai dan lomba fotografi perkeretaapian, edukasi perkeretaapian, pemeriksaan kesehatan dan pentas seni serta bazaar UMKM. 

Bagi yang berminat dapat mendaftar pada https://jsf2023.kawisata.id. Acara open house selanjutnya digelar di Balai Yasa Surabaya Gubeng. Masyarakat yang berminat mengikuti acara ini dapat melakukan registrasi pada https://links.vip/balaiyasasgu.

KLB Nostalgic Culinary 

Acara selanjutnya yang digelar PT KAI kepada masyarakat yaitu perjalanan Kereta Luas Biasa (KLB) Nostalgic Culinary. Seperti namanya, perjalanan kereta api akan menghadirkan suasana yang kini tak bisa lagi dijumpai yaitu lalu lalang asongan (yang nantinya diperankan oleh prama dan prami) menjajakan kuliner khas tiap daerah yang dilintasi.

Perjalanan akan semakin terasa bernostalgia karena perjalanannya menggunakan kereta ekonomi dengan kursi tegak berkapasitas 80 tempat duduk. KLB tersebut menempuh perjalanan dari Gambir hingga Yogyakarta pada tanggal 29 dan 30 September 2023.

Terdapat berbagai makanan dan minuman yang dijual mulai harga Rp7.800. Adapun tiket perjalanan tersebut seharga Rp180.000 hingga Rp250.000 yang dapat dipesan melalui aplikasi KAI Acces.(*)

Editor: Redaksi
Tags Hut KAI ke-78Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS