Tujuh Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Freezer

Yunike Purnama - Minggu, 01 Oktober 2023 05:34
Tujuh Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Dalam FreezerIlustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Freezer adalah alat di dalam kulkas yang sangat membantu untuk menyimpan bahan makanan untuk digunakan di waktu yang akan datang, apalagi ketika Anda sedang menghadapi hari-hari yang sibuk. 

Akan tetapi, freezer tidak selalu ideal digunakan untuk menyimpan semua makanan. Bahkan, jika Anda menyimpan makanan yang salah di dalam freezer, justru dapat menyebabkan makanan terkontaminasi atau menimbulkan risiko kesehatan.

Tidak semua makanan atau minuman dapat dibekukan dengan aman, dan bahkan dalam beberapa kasus, membekukan bahan makanan dapat merusaknya dibandingkan mengawetkannya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bahan makanan apa saja yang tidak boleh disimpan di freezer berikut ini.

Berikut bahan makanan dan minuman yang sebaiknya tidak Anda simpan di dalam freezer kulkas.

1. Susu

Susu yang disimpan di dalam freezer kulkas dapat terpisah menjadi potongan-potongan dan bagian-bagian yang encer ketika dicairkan akan semakin tinggi kandungan lemaknya dan semakin banyak susu yang terpisah. Meski susu tersebut masih aman untuk dikonsumsi, konsistensinya bukan yang terbaik untuk ditambahkan ke sereal atau kopi.

2. Kentang

Kentang memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga setelah disimpan di dalam freezer, kentang justru akan tetap lembek dan lunak. Namun, jika Anda ingin membekukan sisa masakan kentang Anda, itu masih aman. Kentang yang sudah dimasak tidak akan lembek seperti jika Anda membekukannya saat masih mentah. 

3. Gorengan

Makanan yang digoreng akan kehilangan kerenyahannya ketika Anda memasukkannya ke dalam freezer. Hal itu akan membuat gorengan jadi lebih lembut dan lembek.  Jika Anda berencana untuk membuat nugget rumahan untuk disimpan di dalam freezer, ada baiknya tidak digoreng terlebih dahulu.

4. Telur yang Masih di Dalam Cangkang

Memasukkan telur yang masih dalam cangkangnya ke dalam freezer adalah hal yang dilarang. Hal ini karena kandungan air di dalam telur akan mengembang ketika dibekukan sehingga dapat menyebabkan kulit terluarnya retak dan rentan terhadap kontaminasi bakteri.

Jika Anda ingin membekukan telur, lebih baik keluarkan telur dari cangkangnya, kocok hingga tercampur rata dan simpan dalam wadah kedap udara yang diberi label. 

5. Sayuran dan Buah Mentah

Sayuran atau buah yang memiliki konsentrasi air yang tinggi seperti seledri, mentimun, selada, dan semangka tidak akan bertahan di dalam freezer karena air di dalamnya dengan cepat akan membentuk kristal es. Ketika Anda mencarikannya, maka buah tersebut akan jadi lebih lembek dan tidak bisa dimakan.

6. Pasta

Anda mungkin tidak akan jadi sakit karena mengonsumsi sisa pasta yang sudah dicairkan dari freezer, tapi Anda mungkin tidak ingin memakannya. Hal ini karena kebanyakan pasta akan menjadi lembek ketika dikeluarkan dari freezer. 

7. Rempah-rempah

Bahan bumbu seperti bawang putih bukan satu-satunya bahan yang. tidak cocok disimpan di freezer, tapi juga bawang bombay, seledri, dan paprika. Jika disimpan di dalam freezer, bahan-bahan tersebut akan menghasilkan rasa apak. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS