Ramai Tren Frugal Travel, Lakukan 5 tips Ini Agar Bisa Liburan Hemat

Yunike Purnama - Minggu, 17 September 2023 05:11
Ramai Tren Frugal Travel, Lakukan 5 tips Ini Agar Bisa Liburan HematIlustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Pertimbangan yang kerap membuat orang gagal pergi traveling adalah budget atau masalah finansial. Memang benar traveling adalah kegiatan yang seru namun sayangnya mahal dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Sebut saja biaya tiket, makan, penginapan, oleh-oleh hingga dana darurat yang harus disiapkan jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan selama traveling. 

Tak heran, keywords frugal travel atau traveling hemat tengah banyak dicari untuk menyiasati liburan yang seru dan nyaman tanpa bikin kantong bolong. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 tips frugal travel yang bisa Anda lakukan agar bisa liburan hemat dan tetap menyenangkan. 

1. Bawalah Botol Minum

Air minum kemasan selain memiliki harga yang lumayan juga berdampak buruk bagi lingkungan. Namun ada solusi sederhana yang bisa lakukan yaitu dengan membawa botol air yang bisa digunakan kembali. 

Beberapa kota besar dan negara-negara maju biasanya sudah memiliki sistem air yang baik sehingga Anda dapat mengisi ulang botol di water station. Water station ini biasanya bisa Anda temukan di taman, stasiun, rumah ibadah, dan area publik lainnya. 

2. Jangan Ragu Makan Jajanan Kaki Lima

Jajanan kaki lima hampir selalu menjadi pilihan termurah bagi wisatawan. Tak heran, makanan yang kerap disajikan dari truk, gerobak makan hingga motor ini seringnya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan harga makanan di restoran atau rumah makan. 

3. Dapatkan Penginapan dengan Fasilitas Dapur 

Jika Anda tidak memiliki tempat untuk memasak makanan sendiri, sulit untuk menghindari makan di luar. Sementara, makan di luar hampir selalu lebih mahal daripada memasak makanan sendiri. 

Beberapa hotel biasanya menawarkan kamar dengan fasilitas dapur terutama untuk tipe kamar suite atau apartemen. 

4. Naik Kereta, Bus, atau Pesawat Malam

Dengan membeli tiket transportasi malam, anggaran penginapan Anda jauh lebih murah karena Anda dapat tidur selama beberapa jam di bus, kereta api, atau pesawat semalaman.

Memang kualitas tidur Anda tidak akan sebaik jika Anda beristirahat di tempat tidur yang nyaman, namun ini bisa menjadi opsi pilihan untuk liburan yang lebih frugal.

5. Rencanakan Liburan Saat Low Season

Low season adalah waktu dalam setahun ketika jumlah pengunjung ke suatu tempat wisata menurun. Hal ini biasanya terjadi pada saat-saat yang tidak terlalu ideal untuk berlibur, seperti saat cuaca tidak terlalu bagus atau saat ada hari libur nasional.

Liburan saat low season dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat biaya. Pada saat low season, harga tiket transportasi, akomodasi, dan biaya wisata lainnya biasanya lebih murah daripada saat high season.(*)

Tags Frugal travelBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS