Raih Predikat Wisudawan Terbaik ITERA, Begini Cara Belajar Regina Liviandari

Eva Pardiana - Sabtu, 13 Mei 2023 15:26
Raih Predikat Wisudawan Terbaik ITERA, Begini Cara Belajar Regina LiviandariRegina Liviandari peraih predikat wisudawan terbaik 1 pada Wisuda Program Sarjana (S-1) Periode ke-14, Sabtu, 13 Mei 2023. (sumber: Eva Pardiana/Kabar Siger)

LAMPUNG SELATAN – Mahasiswa Program Studi Farmasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Regina Liviandari meraih predikat wisudawan terbaik 1 pada Wisuda Program Sarjana (S-1) Periode ke-14, Sabtu, 13 Mei 2023.

Alumni SMA Fransiskus Bandar Lampung ini berhasil lulus dengan IPK nyaris sempurna, yakni 3,93 dan masa studi 3 tahun 8 bulan.

Regina berbagi tips cara belajar selama kuliah di Jurusan Sains Program Studi Farmasi ITERA. Menurutnya, tidak ada pola belajar khusus atau spesial. Ia mengaku hanya mengerjakan semua tugas, laporan, presentasi, hingga ujian sebaik mungkin.

Menurutnya yang menjadi faktor pendukung dalam proses belajar di kampus yakni dosen-dosen yang berkompeten dan semangat belajar antar mahasiswa yang cukup kompetitif.

Selain itu, Regina juga mengatakan kunci agar tetap semangat dalam menjalankan proses kuliah adalah memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan potensi dan minat bakat.

“Saya memang tertarik ke bidang kesehatan dan kimia, jadi saya memilih Farmasi. Selain itu, saya juga berencana ke depannya untuk bekerja di bidang klinis,” katanya.

Dia menyatakan, dalam waktu dekat akan melanjutkan pendidikan ke Program Studi Profesi Apoteker untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang Apoteker.

“Minta doanya ya teman-teman, kalau nggak Dia ke Prodi Apoteker Unpad (Universitas Padjajaran) untuk negerinya, atau ke Universitas Pancasila untuk swastanya,” jelas Regina.

Regina menyarankan mahasiswa untuk mengekplorasi kemampuan selama masa kuliah. Sebab, lanjut Regina, masa kuliah saat ini cukup singkat, sekitar 3 sampai 4 tahun, setelah itu lulusan perguruan tinggi langsung terjun ke masyarakat dan ke dunia kerja.

Sementara itu, orang tua Regina menyampaikan rasa senang atas prestasi terbaik yang diraih oleh putri mereka. Menurut ayah Regina, sebagai orang tua, mereka tidak pernah menuntut Regina belajar, tetapi lebih memberikan kebebasan kepada Regina dalam mengembangkan dirinya.

“Namun memang sejak kecil dia selalu aktif dan berprestasi, pernah menjadi juara puisi Provinsi Lampung, ikut Duta Bahasa Provinsi Lampung, sejak SD-nya memang sudah berprestasi,” ungkapnya.

Orang tua Regina berharap anaknya bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi serta nanti bisa berguna bagi sesama.

Para Wisuda Periode ke-14 ini, ITERA melulusakan 104 sarjana baru, dengan rincian 28 orang dari Jurusan Sains, 42 orang dari Jurusan Teknologi Infrastuktur dan Kewilayahan, serta 34 orang dari Jurusan Teknologi Produksi dan Industri. Dengan tambahan sarjana baru ini, maka ITERA telah meluluskan 3.614 sarjana. (*)
 

RELATED NEWS