Pusri Palembang Pastikan Stok Pupuk Subdisi di Lampung Aman

Eva Pardiana - Sabtu, 30 Juli 2022 17:10
Pusri Palembang Pastikan Stok Pupuk Subdisi di Lampung AmanPabrik PT Pusri Palembang (sumber: Pusri.co.id)

BANDAR LAMPUNG – PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) memastikan ketersediaan  pupuk baik urea maupun NPK di Lampung aman sesuai dengan alokasi dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

"Untuk wilayah Lampung stok urea bersubsidi yang tersedia sebesar 18.212,60 ton dan NPK bersubsidi sebesar 13.075,45 ton," kata Vice President (VP) Humas PT Pusri Palembang Soerjo Hartono di Bandar Lampung, seperti dilansir Antara Lampung, Jumat 30 Juli 2022.

Memasuki pertengahan tahun 2022 ini, lanjut Soerjo, Pusri memastikan ketersediaan pupuk saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan petani di Lampung sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Ia memaparkan hingga 27 Juli 2022 stok pupuk urea bersubsidi di semua wilayah tanggung jawab Pusri sebesar 103.747,30 ton dan sebesar 21.181,70 ton untuk NPK bersubsidi.

Selain bertanggung jawab menyediakan pupuk bersubsidi, guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan petani, Pusri juga menyiapkan stok pupuk nonsubsidi dan produk inovasi Pusri, seperti pupuk NPK 15-15-15 dan NPK 16-16-16 untuk tanaman pangan, NPK 12-12-17-2 dan NPK 13-6-27-4 untuk komoditi sawit, serta pupuk spesial komoditas yaitu NPK singkong dan NPK kopi.

Soerjo menambahkan semua formula NPK anggota perusahaan di bawah PT Pupuk Indonesia (Persero), memiliki spesifikasi atau formula NPK bersubsidi yang sama yaitu 15-10-12.

"Formula ini sangat baik untuk tanaman namun harus ditambah lagi oleh pupuk tunggal lainnya seperti urea, SP-36 dan ZA. Petani tidak perlu khawatir, karena NPK yang kami produksi sudah sesuai dengan SNI dan aturan dari pemerintah," jelasnya.

Harga pupuk urea bersubsidi saat ini adalah Rp2.250/kg dan Rp 2.300/kg untuk NPK bersubsidi. Harga eceran tertinggi (HET) untuk pupuk bersubsidi ditetapkan dengan asumsi bahwa petani menebus secara langsung di kios resmi, membeli secara utuh per sak (tidak eceran) dan membayar lunas atau tunai.

HET ini, lanjutnya, tercantum di setiap kios-kios resmi yang telah informasikan kepada masing-masing kios agar menjual sesuai dengan HET yang telah ditetapkan.

"Untuk mendapatkan pupuk subsidi, Kementan telah menetapkan sejumlah ketentuan. Di antaranya, petani wajib tergabung dalam kelompok tani, menggarap lahan maksimal dua hektar, menyusun dan memiliki alokasi pada sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK), serta pada wilayah tertentu menggunakan Kartu Tani," tandas Soerjo. (*)

RELATED NEWS