Puncak BIK 2022 Lampung, Sukses Ciptakan Kolaborasi Perkuat Keuangan Inklusif

Yunike Purnama - Kamis, 27 Oktober 2022 18:38
Puncak BIK 2022 Lampung,  Sukses Ciptakan Kolaborasi Perkuat Keuangan InklusifAcara puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 dengan tema 'Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat' sukses dihelat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung di Ballroom UIN Raden Intan pada Kamis, 27 Oktober 2022. (sumber: Yunike Purnama/Kabar Siger )

BANDAR LAMPUNG - Acara puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 dengan tema 'Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat' sukses dihelat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung, bertempat di Ballroom UIN Raden Intan pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Turut hadir dalam acara puncak BIK 2022 Gubernur Lampung yang diwakili Sekdaprov Fahrizal Darminto, Anggota DPR RI Komisi XI A.Junaidi Auly, Walikota Bandar Lampung diwakili Sekkot Sukarma Wijaya, Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Sarjito, Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto, Kepala Bank Indonesia Lampung Budiyono, Wakil Rektor II UIN Raden Intan Lampung Safari Daud, Pimpinan Lembaga Jasa Keuangan Provinsi Lampung, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung dan para pemenang lomba dalam rangkaian BIK 2022.

Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto memaparkan, OJK terus fokus menciptakan keuangan yang inklusif secara merata di Provinsi Lampung. Upaya yang dilakukan dalam momen BIK dengan berkolaborasi bersama seluruh stakeholder dan Lembaga Jasa Keuangan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

“Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan
yang rutin kita lakukan setiap tahunnya ini, tentu tidak terbatas sepanjang bulan Oktober saja, namun dalam setiap kesempatan, kita semua turut bertanggung jawab untuk membangun dan membiasakan masyarakat untuk memahami dan mengerti produk jasa Keuangan demi memenuhi kebutuhan
keuangannya” kata Bambang dalam sambutan acara puncak BIK 2022.

Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto. Foto: Yunike Purnama/Kabar Siger

Bambang memaparkan, beragam rangkaian BIK 2022 antara lain:

Pertama, Kick Off BIK 2022 dengan diskusi OJK bersama ISPI (Ikatan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia) membahas pembiayaan melalui fintek untuk memajukan petani dan peternak.  

Kedua, Pemberdayaan Bank Sampah di Kabupaten Tanggamus bekerjasama dengan PT Pegadaian Lampung.

Ketiga, Webinar untuk Pesantren Putri dan Muslimat NU kerjasama dengan Pemprov, pegadaian dan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Islamic Centre Lampung Timur.

Keempat, Gerakan Kampung Sadar Asuransi. Pilot project awal adalah Kecamatan Rajabasa. Bekerjasama dengan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan BPJSTK.  

Kelima, lomba penulisan artikel inklusi keuangan untuk katagori umum dan mahasiswa. Keenam, lomba debat inklusi keuangan bekerjasama dengan BRI dan  AAUI.

Ketujuh, kegiatan Investival 2022 yang diisi rangkaian kegiatan menarik di dalamnya. dan terakhir acara puncak BIK 2022 yang digelar di UIN Raden Intan hari ini, Kamis, 27 Oktober 2022.

"Dalam rangkaian kegiatan BIK 2022, tidak hanya sebatas di bulan Oktober saja,  tetapi OJK akan terus mendampingi masyarakat mendapat akses informasi produk dan layanan Lembaga Jasa Keuangan yang tepat dan bermanfaat,"ujar Bambang.

Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Sarjito. Foto: Yunike Purnama/Kabar Siger 

Selanjutnya Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Sarjito mengatakan, perhelatan BIK 2022 dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan menghasilkan kolaborasi yang sangat baik untuk menciptakan inklusi keuangan yang semakin inklusif.

"Momen BIK juga menjadi evaluasi OJK sudah sejauh mana mampu menghadirkan akses keuangan yang bermanfaat dan terjangkau untuk masyarakat secara merata,"paparnya.

Sarjito mengharapkan, kolaborasi dan beragam inisiatif yang sudah dilakukan OJK Lampung bersama LJK dan stakeholder di Bulan Inklusi Keuangan dapat terus ditingkatkan demi terwujudnya kemakmuran akses keuangan secara merata.

Anggota DPR RI Komisi XI A. Junaidi Auly menambahkan, sebagai mitra OJK terus mendukung dalam tingkatkan inklusi keuangan yang merupakan akses layanan dan produk LJK yang bermanfaat dan terjangkau untuk masyarakat.

"Akses terhadap layanan dan produk LJK ada beberapa unsur yakni ketersediaan produk LJK, akses dapatkan layanan tersebut, penggunaan dari akses keuangan dan kualitas yang diberikan ke masyarakat,"papar Junaidi.

Mewakili Gubernur Lampung Sekdaprov Fahrizal Darminto mengatakan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak semua pihak bersinergi mendorong keterbukaan dan kemudahan akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Atas terselenggaranya BIK tahun 2022 ini, Sekdaprov Fahrizal menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beserta seluruh lembaga jasa keuangan yang telah sukses menggelar rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2022 di Provinsi Lampung.

Ia berharap acara ini dapat meningkatkan awareness masyarakat, industri keuangan perbankan dan Kementerian serta Lembaga terkait produk jasa keuangan, serta mengakselerasi pertumbuhan indeks inklusi keuangan dalam rangka pencapaian target inklusi keuangan 90% pada tahun 2024.

Seperti yang diketahui, BIK merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sejak 2016 dalam rangka mendukung target inklusi keuangan tahun 2024 sebesar 90% sesuai peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekenomian Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Sekdaprov Fahrizal juga berpesan kepada TPAKD Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung agar dapat mengoptimalkan peran dan fungsinya di wilayah masing-masing, sebagai forum koordinasi antara pemerintah daerah dan stakeholder terkait.

Kabar Siger Raih Juara 3 Lomba Penulisan Artikel Katagori Umum

Media Kabarsiger.com berhasil menjadi juara 3 dalam lomba penulisan artikel katagori umum terkait inklusi keuangan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK 2022).

Jurnalis Kabar Siger Yunike Purnama saat menerima piala  lomba penulisan artikel dalam rangka BIK 2022.

Artikel yang ditulis oleh jurnalis Yunike Purnama mengangkat judul 'Menakar Manfaat Hadirnya Desa Inklusi Keuangan di Provinsi Lampung' membahas terkait manfaat yang dirasakan masyarakat desa dari beragam upaya TPAKD Provinsi Lampung dan TPAKD Kabupaten/Kota bersama LJK menciptakan keuangan inklusif secara merata.

"Selamat untuk para pemenang, juara 1 dan 2 kali ini dari kalangan umum dan Kabar Siger menjadi satu-satunya pemenang dari media yang masuk kualifikasi penilaian dewan juri dan menjadi juara 3,"jelas Bambang. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS