Pujakesuma Mantap Dukung Erick Thohir Maju Pilpres 2024, Ini Alasannya

Eva Pardiana - Sabtu, 14 Mei 2022 19:11
Pujakesuma Mantap Dukung Erick Thohir Maju Pilpres 2024, Ini AlasannyaMenteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri agenda silaturahmi dengan pengurus dan anggota Pujakesuma Lampung, Selasa, 10 Mei 2022. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – "Erick Thohir Presidenku! Erick Thohir Presidenku!" Yel yel dukungan tersebut disorakkan oleh ratusan warga yang tergabung dalam organisasi Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatra) Lampung menyambut kehadiran Menteri BUMN Erick Thohir dalam agenda silaturahmi di GSG Budaya, Kemiling, Bandar Lampung, Selasa, 10 Mei 2022 lalu.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pujakesuma Djoko Susilo, agenda silaturahmi yang dibalut dengan pentas kesenian wayang kulit bertajuk "Lakon Pandawa Mbangun" itu menjadi ajang melestarikan kesenian daerah sekaligus menyampaikan dukungan Pujakesuma kepada Erick Thohir untuk maju dalam kontesrasi Pemilhan Presiden (Pilpres) 2024.

Kepada Kabar Siger, Djoko Susilo mengungkapkan alasan mengapa Pujakesuma mantap memberikan dukungannya kepada mantan bos Inter Milan tersebut. Menurutnya Erick Thohir miliki komitmen kuat untuk turut melestarikan budaya daerah. 

Ratusan warga yang tergabung dalam organisasi Pujakesuma memberikan dukungan kepada Erick Thohir untuk maju Pilpres 2024. | Foto: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger

"Kebetulan beliau satu visi dengan Pujakesuma yaitu menjaga kelestarian budaya Indonesia, terutama budaya Jawa, juga budaya lainnya," ujar Djoko.

Djoko bercerita, berawal dari pernyataan oknum yang menyebut kesenian wayang haram, Pujakesuma bersama Erick Thohir berkomitmen untuk terus melestarikan wayangan dan budaya lokal lainnya.

"Sehingga kami meminta kesediaan beliau untuk menjadi Ketua Pembina Pimpinan Pusat Pujakesuma Indonesia. Jadi kami bersama-sama melakukan pagelaran budaya ini," katanya.

Selain itu, Pujakesuma juga melihat latar belakang Erick Thohir sebagai putra Lampung, almarhum ayahanda Erick Mochamad Teddy Thohir lahir dan tumbuh di Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

"Kita Pujakesuma juga dari Sumatra dan beliau tokoh yang punya visi yang sama dengan dengan kami terkait pelestarian budaya dan pengembangan ekonomi," paparnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pujakesuma Djoko Susilo. | Foto: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger

Meski mengaku siap mendukung penuh pencalonan Erick Thohir, Djoko menegaskan Pujakesuma tidak terafiliasi dengan partai politik mana pun. Menurutnya pengurus dan anggota Pujakesuma terdiri dari masyarakat dengan beragam latar belakang politik.

Terkait kesediaan Erick Thohir untuk maju  Pilpres, Djoko mengaku hingga saat ini belum mendapatkan jawaban pasti terkait pencalonan Menteri BUMN itu.

Ya saya tidak bisa mengatakan bahwa beliau siap atau tidak siap karena belum ada perkataan dari Erick Thohir. Sampai saat ini Erick Thohir hanya senyum senyum saja, Insya Allah itu sinyal tanda bahagia ya. Seperti orang pacaran kan kalo senyum-senyum tandanya bahagia," pungkasnya.

Sementara itu, Erick Thohir saat diwawancarai selepas membuka pertunjukan wayang, enggan memberikan komentar terkait dukungan ini. "Silahkan tanya Pak Djoko saja ya," ujarnya sambil berlalu meninggalkan lokasi. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS