Pilihan 5 Kegiatan Setelah Sahur Agar Anda Tidak Langsung Tidur

Yunike Purnama - Senin, 10 April 2023 08:38
Pilihan 5 Kegiatan Setelah Sahur Agar Anda Tidak Langsung TidurBulan Ramadan merupakan bulan suci yang selalu dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa mulai dari imsak sampai waktu berbuka yaitu ketika adzan maghrib. (sumber: Freepik )

BANDARLAMPUNG - Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang selalu dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa mulai dari imsak sampai waktu berbuka yaitu ketika adzan maghrib.

Namun, ada salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa, yaitu tidur setelah sahur. Padahal, kebiasaan itu ternyata cukup berisiko untuk kesehatan tubuh.

Hal ini karena tidur setelah makan berat dapat membuat tubuh jadi bekerja keras agar bisa mencerna makanan yang akhirnya dapat menimbulkan berbagai masalah pada sistem pencernaan, masalah tidur, hingga membuat berat badan jadi bertambah.

Oleh karena itu, ada baiknya jika mulai sekarang Anda menghindari tidur setelah sahur dengan melakukan kegiatan lainnya, seperti berikut ini.

Rekomendasi Kegiatan Setelah Sahur Agar Tidak Langsung Tidur:

1. Mengaji atau ibadah

Bulan Ramadan adalah waktu di mana umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah atau mengaji. Hal ini karena memperbanyak ibadah dapat meningkatkan pahala agar mendapat kemenangan di bulan Ramadan ini.

2. Jalan kaki

Setelah makan berat ketika sahur, biasanya Anda akan merasa mengantuk. Anda bisa menyingkirkan rasa kantuk tersebut dengan jalan kaki di sekitar rumah. Selain membuat tubuh jadi sehat, Anda juga merasa segar dan siap untuk menjalankan aktivitas hari ini.

3. Membersihkan rumah

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membersihkan rumah. Selain mampu membuat badan jadi segar, rumah Anda juga jadi bersih sehingga Anda akan semakin bersemangat untuk beraktivitas.

4. Mandi

Jika Anda masih merasa mengantuk, ada baiknya Anda segera mandi. Mandi di pagi hari dapat membuat tubuh terasa segar dan rasa mengantuk jadi hilang.

5. Mencuci baju

Setelah mandi, Anda bisa melanjutkan mencuci baju. Selain membuat baju Anda jadi bersih, pekerjaan rumah Anda juga segera selesai sepagi mungkin agar setelah itu Anda bisa fokus bekerja.(*)
 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS