Persiapan Mudik Lebaran, PLN Tambah Infrastruktur Ekosistem Kendaraan Listrik

Yunike Purnama - Minggu, 12 Maret 2023 11:24
Persiapan Mudik Lebaran, PLN Tambah Infrastruktur Ekosistem Kendaraan ListrikPT PLN (Persero) akan mengoperasikan berbagai jenis infrastruktur pengisian energi untuk kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) jelang arus mudik lebaran 2023. (sumber: Debrinata/TrenAsia)

JAKARTA - PT PLN (Persero) akan mengoperasikan berbagai jenis infrastruktur pengisian energi untuk kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) jelang arus mudik lebaran 2023. Untuk menunjang hal tersebut PLN menggenjot infrastruktur kendaraan listrik.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mengungkapkan, pihaknya akan telah menargetkan membangun sebanyak 1.000 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), menambah menjadi 12 ribu Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan dan 600 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Kami sudah pastikan di setiap rest area ada SPKLU dan juga berjalan dengan waktu kami tambah. Kalau di jalan non-tol, kami juga sudah membangun suatu pemetaan jadi ke depannya bisa lewat tol bisa juga tidak lewat tol,"katanya dalam Konferensi Pers Dukungan Pengembangan Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dikutip dari TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com pada Minggu, 12 Maret 2023.

Darmawan mengaku pihaknya telah melakukan pengecekan sekaligus percobaan pada mudik 2022 lalu dengan menggunakan kendaran listrik. Ketiga infrastruktur stasiun pengisian tersebut telah tersedia dari Jakarta, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi, hingga ke Bali.

Tak hanya itu, SPKLU juga tersedia di rest area Tol Cipali, Tol Palimanan-Kanci (Cirebon-Semarang), Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo, Tol Sragen-Surabaya dan seluruh ruas Tol Trans Jawa lainnya hingga ke wilayah Bali yang dipastikan aman.

Adapun, SPBKLU diperuntukkan battery swap atau penukaran baterai yang dapat dilakukan 2-3 menit. Sementara itu, menurutnya, jarak tempuh kendaraan bermotor listrik berbasis baterai seperti Volta, Gesits, dan Selis hampir serupa yaitu 60 km untuk sekali charging dengan rata-rata pengisian baterai selama 4 jam.

Sementara adanya SPLU akan lebih memperlancar ekosistem kendaraan listrik jelang mudik lebaran 2023, apalagi PLN memiliki rencana menambah pasokan hingga 12.000 unit SPLU pada tahun ini.  (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS