Peringkat Teratas, Bank Mandiri Kelola Kredit Sindikasi Rp 52,81 Triliun

Yunike Purnama - Selasa, 18 Oktober 2022 15:32
Peringkat Teratas, Bank Mandiri Kelola Kredit Sindikasi Rp 52,81 TriliunPT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menempati peringkat teratas dalam jajaran lembaga keuangan penyedia sindikasi di Indonesia. (sumber: Bank Mandiri)

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menempati peringkat teratas dalam jajaran lembaga keuangan penyedia sindikasi di Indonesia.

Hal itu ditegaskan dalam Bloomberg League Table Reports, bahwa emiten bersandi BMRI ini tercatat menduduki posisi puncak sebagai Mandated Lead Arranger (MLA) dan Bookrunner.

Tercatat jumlah pangsa MLA pasar sindikasi Bank Mandiri menembus 15,6% pada periode 1 Januari–2 Oktober 2022. Dari sisi MLA, pada periode tersebut Bank Mandiri juga tengah mengelola pembiayaan sindikasi senilai US$3,41 miliar atau Rp52,81 triliun.

Adapun, dari sisi Bookrunner, Bank Mandiri berhasil menduduki posisi nomor wahid lewat perolehan pangsa pasar yang mencapai 16,86i total nilai yang mencapai US$2,3 miliar.

“Pencapaian ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan Bank Mandiri dalam mempercepat ekspansi usaha dan pengembangan bisnis pelaku usaha yang dapat berkontribusi langsung terhadap perekonomian tanah air,” kata Direktur Corporate Banking Susana Indah Kris Indriati dalam keterangan resmi, Selasa, 18 Oktober 2022.

MLA merupakan pihak yang mengatur dalam pembentukan sindikasi. Sementara bookrunner adalah pihak yang mengajak bank-bank lain untuk turut serta dalam pembiayaan sindikasi.

Indah mengungkapkan, transaksi kredit sindikasi yang dikelola Bank Mandiri baik sebagai MLA ataupun bookrunner ini tidak sedikit yang melibatkan lembaga keuangan internasional bukan hanya dari lembaga keuangan domestik.

Hal ini disebabkan karena permintaan atas Indonesian syndicated loan di luar negeri yang cukup tinggi, sehingga Mandiri juga menggandeng partner-partner bank di luar negeri untuk ikut berpartisipasi pada kredit sindikasi yang di arrange oleh Bank Mandiri. 

Sebagai bank yang fokus pada bisnis dan ekosistem wholesale ini, dinilai memiliki keunggulan serta komitmen yang kuat dalam dukungan kepada pembiayaan berskema sindikasi

"Kami berharap upaya ini juga dapat menjadi katalis pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” katanya.

Ke depan, Bank Mandiri berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah wholesale agar terus memberikan nilai lebih kepada perekonomian dan masyarakat. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS