Perhatikan 3 Faktor Penting saat Putuskan Investasi Properti

Yunike Purnama - Sabtu, 08 Juli 2023 07:51
Perhatikan 3 Faktor Penting saat Putuskan Investasi Properti Investasi properti mulai dilirik oleh banyak orang tak terkecuali kaum muda. Bukan hal yang mengherankan, karena investasi ini adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan keuntungan besar. (sumber: Ist)

JAKARTA - Investasi properti mulai dilirik oleh banyak orang tak terkecuali kaum muda. Bukan hal yang mengherankan, karena investasi ini adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan keuntungan besar.

Namun, bagi Anda yang tertarik untuk investasi jenis ini, Anda tetap harus berhati-hati. Pastikan Anda telah memikirkan strategi investasi ini dengan matang agar tak menyesal di kemudian hari.

Berikut ini TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com merangkum 3 faktor penting untuk diperhatikan ketika investasi di properti dari berbagai sumber.

1. Lokasi Properti

Faktor lokasi masih menjadi faktor terpenting untuk profitabilitas dalam investasi real estate. Misalnya kemudahan akses ke pasar, pusat transportassi, jalan raya, hingga taman.

Jika lokasi properti incaran Anda saat ini belum memenuhi aspek ideal di atas, coba pertimbangkan pandangan jangka menengah hingga jangka panjang tentang bagaimana area tersebut diharapkan berkembang selama periode investasi.

2. Penilaian Properti

Penilaian properti penting dilakukan untuk pembiayaan selama pembelian, harga listing, analisis investasi, asuransi dan perpajakan.

Melansir dari laman website Investopedia papda Jum'at, 7 Juli 2023, metode penilaian properti yang umum digunakan meliputi

- Pendekatan Perbandingan Penjualan

Yaitu proses membandingkan penjualan properti incaran dengan karakteristik serupa. Langkah ini cocok dilakukan untuk properti baru maupun lama.

- Pendekatan Biaya

Meliputi biaya tanah dan konstruksi, dikurangi penyusutan. Pendekatan ini cocok dilakukan untuk konstruksi baru.

- Pendekatan Pendapatan

Dilakukan berdasarkan arus kas masuk yang diharapkan. Pendekatan ini cocok dilakukan jika properti nantinya akan digunakan untuk persewaan.

3. Tujuan Investasi

Rendahnya tingkat likuiditas dan tingginya nilai investasi di properti menyebabkan Anda harus memiliki tujuan investasi yang jelas.

Tujuan yang tidak jelas dapat menyebabkan hasil yang tidak terduga termasuk kesulitan keuangan terutama jika investasi tersebut digadaikan.

Identifikasi kategori mana yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Apakah beli dan dipakai sendiri, beli untuk disewakan, beli untuk dijual lagi dalam jangka waktu yang pendek atau beli untuk dijual lagi dalam jangka waktu panjang kedepannya.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 3 faktor penting untuk diperhatikan ketika investasi di properti. Semoga bermanfaat!

Editor: Redaksi
Tags investasi propertiBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS