Perbankan Didorong Tingkatkan Porsi Pembiyaan UMKM hingga 30 Persen

Yunike Purnama - Rabu, 12 Juli 2023 06:45
Perbankan Didorong Tingkatkan Porsi Pembiyaan UMKM hingga 30 PersenOtoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong industri keuangan khususnya perbankan untuk dapat meningkatkan porsi pembiayaan UMKM sebesar 30%. (sumber: Qoala)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong industri keuangan khususnya perbankan untuk dapat meningkatkan porsi pembiayaan UMKM sebesar 30%. Hal tersebut dalam rangka mencapai target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2024.

OJK mencatat kredit industri perbankan mencapai Rp 6.445,5 triliun pada kuartal I 2023. Nilai tersebut tumbuh 9,93% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari situ realisasi kredit UMKM perbankan mencapai Rp 1,358 triliun, atau setara dengan 21,07% dari total kredit.

"Kami ingin presentase penyaluran kredit UMKM capai 30% dan terus mendorong agar perbankan bisa menyalurkan sebesar 30% kepada UMKM," kata Deputi Direktur Akses Keuangan OJK Rose Dian Sundari dalam webinar bertajuk aksesibilitas pendanaan UMKM menuju UMKM tangguh dan bersaing kuat, Selasa (11/7).

Untuk penyaluran kredit kepada UMKM, perbankan memiliki generic model seperti kredit usaha rakyat (KUR), Program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR), dan skema Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas (K/PSP).(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS