Pengurus Al-Furqon Tolak Pembangunan Patung Relief Bung Karno di Area Masjid

Eva Pardiana - Jumat, 10 Juni 2022 21:15
Pengurus Al-Furqon Tolak Pembangunan Patung Relief Bung Karno di Area MasjidMasjid Agung Al-Furqon Bandar Lampung. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Pengurus Masjid Agung Al-Furqon menolak rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung untuk membangun patung relief Bung Karno di area taman masjid.

Sekretaris Pengurus Masjid Al-Furqon Hery Darso meminta Pemkot mempertimbangkan kembali rencana tersebut agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat, sebab menurutnya pembangunan relief Bung Karno tidak sesuai dengan penataan di lingkungan masjid. 

"Tantunya yang namanya masjid itu disterilisasi dari hal yang menyerempet syirik. Nah, untuk menjaga hubungan baik ini, kami ingin mengingatkan agar tidak terjadi polemik di masyarakat," kata Hery Darso saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat, 10 Juni 2022.

Pada prinsipnya, lanjut Hery, pengurus mendukung apapun pembangunan dalam rangka mempercantik Masjid Agung Al-Furqon. Namun, harus relevan dengan unsur-unsur keagamaan.

"Pembangunan relief itu masih berjalan. Kita menyurati wali kota untuk dipertimbangkan, karena ini tangung jawab pengurus dunia hingga akhirat," ujarnya. 

Sebelumnya, lanjut Hery, Pemkot Bandar Lampung juga berencana membangun monumen Bung Karno yang berdiri sambil berdoa. Namun dengan mempertimbangkan syariat maka dibangun di Jalan Gatot Subroto. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS