Pengurangan Emisi Karbon PLN Berhasil Capai 50 Juta Ton CO2

Yunike Purnama - Kamis, 06 Juli 2023 10:43
Pengurangan Emisi Karbon PLN Berhasil Capai 50 Juta Ton CO2Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (sumber: TrenAsia/Debrnata))

JAKARTA  - PT PLN (Persero) melakukan berbagai upaya untuk mengurangi emisi karbon untuk menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060. Hingga 2023, PLN berhasil menurunkan emisi karbon sekitar 50 juta ton CO2.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan sampai dengan tahun 2023, PLN telah berhasil mengurangi emisi CO2 sebesar 50 juta ton, dari Business as Usual (BAU) sebesar 334 juta ton CO2 turun menjadi 284 juta ton CO2.

"Kami melakukan inisiatif untuk bisa menekan emisi karbon. Berbagai upaya dekarbonisasi telah kami lakukan karena kami menjadi lokomotif pengurangan emisi karbon di Indonesia," katanya dalam RDP komisi VII pada Rabu, 5 Juli 2023.

Strategi Pengurangan Emisi

Darmawan menjelaskan untuk mengurangi emisi, PLN melakukan teknologi co-firing di 37 PLTU yang ada saat ini. Co-firing adalah pembakaran dua jenis bahan bakar berbeda secara bersamaan.

Untuk PLTU yang biasanya sepenuhnya berbahan bakar batu bara, co-firing dilakukan dengan menambahkan bahan bakar lain, seperti biomassa yang dibuat dari wood pallet atau sampah.Teknologi ini mampu mengurangi emisi karbon hingga 1,2 juta ton co2.

Penurunan emisi juga dihasilkan dari peningkatan efisiensi jaringan transmisi dan pembangkit. Upaya ini mampu mengurangi emisi sebesar 10 juta ton CO2. 

PLN juga melakukan inovasi dengan memanfaatkan gas buang dari pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) combine cycle untuk menghasilkan listrik tambahan. Upaya ini mampu mengurangi emisi sebsar 7 juta ton Co2

"Kami terus mendorong penggunaan pembangkit EBT. RUPTL (Rencana usaha Penyediaan Tenaga Listrik) 2021-2030 yang telah disusun bersama Pemerintah ini menjadi yang terhijau sepanjang sejarah, di mana 51 persen pembangunan pembangkit akan menggunakan EBT yang ramah lingkungan," lanjut Darmawan.

Tidak hanya membangun pembangkit EBT baru, PLN juga mengganti teknologi di PLTU yang sebelumnya berteknologi subcritical menjadi PLTU dengan teknologi supercritical dan ultrasupercritical. Ini mampu mengurangi emisi sebesar 15,4 juta ton CO2.(*)

Editor: Redaksi
Tags emisi karbonBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS