Pemprov Lampung Resmikan 31 SMK Pusat Keunggulan

Chairil Anwar - Kamis, 20 Januari 2022 14:00
Pemprov Lampung Resmikan 31 SMK Pusat KeunggulanGubernur Lampung Arinal Djunaidi saat kunjungan kerja di SMKN 3 Kotabumi, Lampung Utara, Kamis (20/1/2022). (sumber: Adpim Pemprov Lampung)

LAMPUNG UTARA – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan 31 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung. Peresmian dilaksanakan saat kunjungan  kerja gubernur di SMKN 3 Kotabumi, Lampung Utara, Kamis (20/1/2022).

Pembangunan SMK Pusat Keunggulan ini telah dilakukan sejak 1 Maret 2021 melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, dan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang penyelenggaraan Program SMK Pusat Keunggulan.

Menurut Arinal, pertimbangan didirikannya SMK Pusat Keunggulan karena kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. Dalam 1 dekade terakhir, khususnya perkembangan teknologi digital telah berimplikasi pada perubahan signifikan pada gaya hidup dan cara kerja, ini merupakan revolusi industri 4.0.

Begitu hebatnya revolusi industri 4.0, lanjut Arinal mendisrupsi dunia. Berbagai disrupsi ini menciptakan budaya, kebiasaan dan bahasa baru serta cara kerja dan gaya hidup yang lebih efisien.

"Hal tersebut merupakan gambaran tentang tantangan kita ke depan dalam menyongsong era smart society 5.0, bagaimana menciptakan SDM Indonesia yang technology minded, SDM Indonesia yang mampu men-translate dan menjawab tantangan dengan teknologi yang memudahkan", ujar Arinal.

Pada kesempatan itu pemerintah juga memberi bantuan fasilitasi kepada SMK Pusat Keunggulan, 29 SMK negeri dan swasta, dan 2 SMK industri. SMK Pusat Keunggulan di Lampung Utara yang mendapatkan bantuan adalah SMKN 3 Kotabumi dan SMKN 1 Abung Selatan.

Lulusan SMK Diharapkan Dukung Perekonomian

Arinal berharap lulusan SMK dapat mendukung pengembangan hilirisasi pengolahan hasil pertanian, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM, pengembangan kegiatan jasa dan perdagangan.

Arinal juga menyampaikan berbagai program unggulan untuk meningkatkan sektor pendidikan di Lampung, antara lain Program Smart School yang diluncurkan pada 16 Desember 2019, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis teknologi. Hal ini untuk menjawab tantangan perubahan paradigma pendidikan di era digital.

Sebagai apresiasi terhadap para guru honor yang juga merupakan bagian dari program Smart School, juga telah diberikan “Kartu Pendidik Berjaya” kepada guru-guru honor se-Lampung. (*)

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS