Pemprov Lampung Dorong Layanan Publik Lebih Baik, Cepat, Murah, dan Sederhana

Eva Pardiana - Senin, 06 Juni 2022 13:05
Pemprov Lampung Dorong Layanan Publik Lebih Baik, Cepat, Murah, dan Sederhana Asisten Adminitrasi Umum Pemerintah Provinsi Lampung Minhairin (sumber: Diskominfotik Pemprov Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Pemprov Lampung mendorong pelayanan publik yang lebih baik, cepat, murah, dan sederhana. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Lampung Tahun 2022 di Ballroom Hotel Emersia, Senin, 6 Juni 2022.

Asisten Adminitrasi Umum Pemerintah Provinsi Lampung Minhairin saat mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam acara tersebut mengatakan terbuka luasnya akses informasi, didukung semakin tingginya tingkat pendidikan, masyarakat kini semakin cerdas dan sadar akan hak dan kewajibannya.

"Masyarakat tidak hanya mengharapkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan, namun mampu memperoleh kebahagiaan atas layanan yang didapatkan," ujarnya.

Minhairin menambagkan Gubernur Lampung berpesan kunci sukses penyelenggaraan pemerintahan yang baik terletak pada bagaimana para birokrat mengelola penyelenggaraan pemerintahan pada praktek menajemen yang dilaksanakan oleh para penyelenggara pemerintahan.

Menurutnya, hal tersebut dapat tercapai dengan mengutamakan peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. "Peningkatan pelayanan publik merupakan outcome pelaksanaan reformasi birokrasi. Dengan standar pelayanan yang baik diharapkan dapat mendorong percepatan terwujudnya good governance untuk mengingkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan publik," lanjutnya.

Pada akhir tahun 2021 lalu Presiden mengeluarkan Perpres Nomor 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Tujuannya untuk mengintegrasikan pelayanan guna meningkatkan kecepatan, kemudahan, keterjangkauan, kenyamanan, keamanan pelayanan, dan untuk meningkatkan daya saing dan memberikan kemudahan berusaha.

Minhairin menegaskan Gubernur berharap perangkat daerah di lingkungan Pemprov dan Kabupaten/Kota se-Lampung berharap evaluasi ini akan meningkatkan kualitas penyelenggara pelayanan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat. (EP)

RELATED NEWS