Pemerintah Rencana Beri Subsidi Pertamax?

Yunike Purnama - Senin, 28 Agustus 2023 20:39
Pemerintah Rencana Beri Subsidi Pertamax?Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sempat menyebut tengah mengkaji adanya kemungkinan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax atau Ron 92 akan bersubsidi. (sumber: Panji Asmoro/TrenAsia)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sempat menyebut tengah mengkaji adanya kemungkinan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax atau Ron 92 akan bersubsidi.

Hal ini diungkap oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, tengah mengaji opsi subsidi tersebut dan meminta masyarakat untuk menunggu hasilnya nanti dari pemerintah.

"Nanti ditunggu ya, karena ada sidang kabinet hari ini," ujar Dadan ditemui dikutip dari TrenAsia jaringan Kabarsiger pada Senin, 28 Agustus 2023.

Menurutnya, kementerian masih mengkaji dari berbagai sisi, baik secara teknis, regulasi, maupun secara keekonomian, terkait wacana tersebut. Sebelumnya di Nusa Dua Bali Convention Centre (NDBCC), Dadan menyebut opsi ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong masyarakat beralih menggunakan BBM dengan nilai oktan lebih tinggi yang rendah emisi.

Kementerian ESDM, tengah melakukan kajian terkait peningkatan kualitas BBM untuk menekan polusi udara di Jakarta yang parah belakangan ini.

Dihubungi terpisah, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan sebagai operator Pertamina akan terus berkoordinasi dengan pemerintah yang menentukan segala kebijakan.

"PT Pertamina Patra Niaga selaku operator akan berkomitmen menjalankan kebijakan penyaluran BBM Penugasan dan Subsidi sesuai dengan regulasi yang ditetapkan Pemerintah,"katanya kepada TrenAsia.com, Senin, 28 Agustus 2023.

Sekedar informasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, bahwa faktor utama polusi udara di DKI Jakarta disebabkan oleh kendaraan berbahan bakar tinggi emisi.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS