Pabrik AQUA Tanggamus Komitmen Kembangkan Bakat SDM Lokal, Ini Ungkapan Bangga Para Karyawan

Eva Pardiana - Kamis, 06 April 2023 09:50
Pabrik AQUA Tanggamus Komitmen Kembangkan Bakat SDM Lokal, Ini Ungkapan Bangga Para KaryawanPabrik AQUA Tanggamus Komitmen Berdayakan SDM Lokal, Ini Ungkapan Bangga Para Karyawan (sumber: Dok. Pabrik AQUA Tanggamus)

TANGGAMUS – Berjarak sekitar enam rumah dari pabrik, Desiana Pratiwi hanya tinggal melangkahkan kaki dari rumahnya di Pekon Teba, Tanggamus untuk memulai pekerjaan sehari-hari di Pabrik AQUA Tanggamus. Ibu dua anak ini memang merupakan penduduk asli Pekon Teba yang kini bekerja sebagai Logistic Supervisor Pabrik AQUA Tanggamus.

“Saya sangat bersyukur memperoleh kesempatan untuk bekerja di Pabrik AQUA Tanggamus, sambil dapat terus mengembangkan diri,” tutur Desiana yang sudah tujuh tahun bekerja di Pabrik AQUA Tanggamus.

Menurutnya, di Pabrik AQUA Tanggamus, ia dapat memperoleh berbagai hal melebihi harapannya. "Selain memperoleh nafkah untuk keluarga, saya juga memperoleh tunjangan kesehatan, asuransi kesehatan, tunjangan pensiun, cuti hamil selama enam bulan, seragam, dan perlengkapan kerja. Pokoknya saya tinggal bawa diri saja dan semuanya sudah terpenuhi dengan baik,” ungkap Desiana.

Senada dengan Desiana, Rohman yang bekerja di Pabrik AQUA Tanggamus sejak 2017 dan kini menjabat sebagai Spare Part Administrator juga mensyukuri dapat bekerja di Pabrik AQUA Tanggamus.

“Saya betul-betul dapat merasakan bekerja yang sebenarnya di Pabrik AQUA Tanggamus. Sebelumnya saya sudah melanglang ke berbagai daerah untuk bekerja, namun akhirnya saya harus pulang kampung dan bekerja di tempat yang tidak jauh dari rumah. Itu semua karena keinginan almarhumah ibu saya yang menginginkan saya bekerja di kampung sendiri,” ujar Rohman yang berasal dari Kota Agung dan kini berusia 30 tahun.

Pabrik AQUA Tanggamus selalu berfokus pada pengembangan dan perkembangan bakat lokal dan regional. Terdapat berbagai program untuk meningkatkan karir karyawan melalui berbagai pelatihan, penugasan, dan proyek.

Setiap karyawan didorong untuk membentuk jalur karir mereka dengan bergantian lintas fungsi, konteks dan budaya. Mobilitas ditentukan oleh kesepakatan bersama dengan karyawan, dengan mempertimbangkan situasi pribadi mereka, aspirasi mereka dalam hal kemajuan karir dan kebutuhan organisasi.

Hal itu dibenarkan oleh Desiana dan Rohman yang kerap mengikuti berbagai pelatihan secara berkala baik di dalam pabrik maupun di luar pabrik. Selain itu dukungan, dorongan, dan motivasi dari atasan membuat mereka dapat terus  memenuhi rasa ingin tahu, terus belajar, dan menjalin kerja sama yang baik di tim kerja masing-masing.

“Kami peduli terhadap pengembangan karyawan dengan memungkinkan mereka untuk memiliki berbagai kompetensi dan keterampilan yang diperlukan untuk unggul dalam pekerjaan mereka. Kami banyak berinvestasi pada penyediaan pelatihan lokal, regional, dan nasional yang komprehensif bagi karyawan kami,” ungkap Kepala Pabrik AQUA Tanggamus Agung Nugroho.

“70 persen karyawan Pabrik AQUA Tanggamus adalah penduduk Pekon Teba dan 80 persen dari keseluruhan karyawan adalah anggota masyarakat Kabupaten Tanggamus. Di sini kami merangkul keberagaman. Orang-orang yang bekerja dengan kami berasal dari latar belakang, usia, dan jenis kelamin yang beragam.

"Kami melihat keunikan setiap karyawan serta mengakui nilai tambah dari perbedaan perbedaan ini untuk perusahaan. Kami percaya bahwa kekuatan kelompok dan kemampuannya untuk menghasilkan ide-ide baru berasal langsung dari kapasitasnya untuk menerima beraneka karakteristik,” imbuh Agung Nugroho.

Dengan demikian terbentuklah lingkungan kerja yang menyenangkan dan saling mendukung. Salah seorang karyawan yang berasal dari Kota Agung Heviansyah  mengatakan, selain bekerja, dia mendapatkan banyak teman dan merasa sudah menjadi sebuah keluarga.

"Di luar jam kerja kami pun sering saling berkunjung dan melakukan aktivitas bersama di luar pabrik,” kata Heviansyah yang selalu merelakan gajinya untuk membantu memenuhi kebutuhan kedua orang tua dan saudara saudarinya di rumah yang tak begitu jauh dari pabrik AQUA Tanggamus.   

Hal yang membuat Desiana, Rohman, dan Heviansyah semakin lebih bangga lagi bekerja di Pabrik AQUA Tanggamus adalah kepedulian Pabrik terhadap faktor sosial lingkungan.

“AQUA bukan hanya berfokus pada target bisnis, namun betul-betul memperhatikan dan memperhitungkan dampak bisnis itu sendiri terhadap lingkungan, masyarakat sekitar, distributor, agen, dan juga para pemasok,  demi kesinambungan kehidupan semua pihak,” papar Desiana penuh semangat mewakili rekan-rekan kerjanya.

Danone-AQUA memegang komitmen bahwa kesuksesan bukan hanya tentang hasil bisnis, tetapi juga tentang berapa banyak perusahaan dapat berkontribusi untuk kemajuan sosial. Danone-AQUA berkembang pesat di Indonesia dengan menyediakan produk AQUA yang sehat dan berkualitas, sambil terus menjalankan berbagai kegiatan sosial lingkungan secara berkesinambungan.

“Rumah saya yang terletak di Pekon Teba telah merasakan sendiri bagaimana tim CSR Pabrik AQUA Tanggamus mengalirkan air bersih dari Galih Batin ke rumah-rumah masyarakat di Pekon Teba, termasuk rumah keluarga saya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Pekon Teba,” pungkas Desiana.

Banyak kegiatan sosial lingkungan yang dijalankan Pabrik AQUA Tanggamus demi mendukung kehidupan masyarakat. Selain memberi kesempatan kerja untuk masyarakat sekitar, Pabrik AQUA Tanggamus terus menjalankan berbagai kegiatan konservasi baik di dalam maupun di luar pabrik, penyediaan sarana dan penyaluran air bersih kepada masyarakat, pencegahan stunting, pengelolaan sampah, dan lain-lain. 

Semua karyawan berharap Pabrik AQUA Tanggamus dapat terus berkembang dan memberi manfaat nyata untuk lingkungan dan masyarakat sekitar, termasuk untuk karyawan sendiri. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS