OJK Lampung Bersama LJK Meriahkan Bulan Inklusi Keuangan 2022, Ikuti dan Catat Jadwalnya!

Yunike Purnama - Kamis, 06 Oktober 2022 12:55
OJK Lampung Bersama LJK Meriahkan Bulan Inklusi Keuangan 2022, Ikuti dan Catat Jadwalnya!Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto (kemeja putih) bersama perwakilan Lembaga Jasa Keuangan saat konferensi pers, Kamis, 6 Oktober 2022. (sumber: Tangkapan layar/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Dalam rangka menyukseskan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 di Provinsi Lampung, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung bersama Lembaga Jasa Keuangan menggelar Gebyar Siger yang diisi dengan berbagai kegiatan dalam rangka menciptakan keuangan inklusif. Dengan mengangkat tema ‘Sinergi dan Kolaborasi Inklusi Keuangan untuk Perekonomian Lampung’ beragam kegiatan akan digelar selama bulan Oktober 2022. 

Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto memaparkan, “Bulan Inklusi Keuangan merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan OJK dalam upaya meningkatkan inklusi  keuangan secara berkelanjutan dan mewujudkan akses keuangan untuk semua,” paparnya saat konferensi pers BIK 2022 pada Kamis, 6 Oktober 2022. 

BIK juga merupakan upaya mencapai target inklusi keuangan dengan produk keuangan yang mudah diakses dan dijangkau untuk seluruh masyarakat Lampung. Kegiatan yang dilakukan antara lain kampanye dan sosialisasi terkait inklusi keuangan serta berbagai penjualan dari Lembaga Jasa Keuangan. 

“Target sasaran pada kegiatan BIK ada empat yakni, pertama perempuan yang merupakan pengatur keuangan setiap rumah tangga untuk dibekali informasi dan inklusi keuangan yang tepat, kedua adalah UMKM agar dapat naik kelas dalam mengembangkan usahanya, ketiga Sekolah dan Akademisi sebagai upaya membantu mencetak  generasi cerdas mengelola keuangan sejak dini, terakhir keempat adalah kaum milenial yang sangat erat dengan digitalisasi sebagai pendorong penetrasi inklusi keuangan digital,”papar Bambang. 

Kegiatan konferensi pers turut dihadiri Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Lampung Aprianus John Risnad, Kepala Sub Divisi Pengawasan Pasar Modal OJK Provinsi Lampung Milado Pani, Kepala BEI Lampung Hendi Prayogi dan perwakilan dari BPR EKA, BPR Utomo, BTN dan AAUI. 

Rangkaian Kegiatan Gebyar Siger BIK 2022

Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Lampung Aprianus John Risnad memaparkan berbagai kegiatan yang digelar dalam rangka BIK 2022 antara lain, Pertama, sudah terselenggara Kick Off BIK 2022 dengan diskusi OJK bersama ISPI (Ikatan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia) membahas pembiayaan melalui fintek untuk memajukan petani dan peternak.  

Kedua, Pemberdayaan Bank Sampah di Kabupaten Tanggamus pada 11 Oktober 2022. Kegiatan ini bekerjasama dengan PT Pegadaian Lampung. 

Ketiga, Webinar untuk Pesantren Putri dan Muslimat NU kerjasama dengan Pemprov, pegadaian dan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 18 Oktober 2022 di Islamic Centre Lampung Timur. 

Keempat, Gerakan Kampung Sadar Asuransi. Pilot project awal awal adalah Kecamatan Rajabasa pada 19 Oktober 2022. Bekerjasama dengan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan BPJSTK.  

Kelima, lomba penulisan artikel inklusi keuangan untuk umum dan mahasiswa dengan publikasi mulai tanggal  26 September 2022. Keenam, lomba debat inklusi keuangan pada 24-25 Oktober 2022 untuk mahasiswa dan umum, bekerjasama dengan BRI dan  AAUI.

Ketujuh, kegiatan Investival 2022 yang diisi rangkaian kegiatan menarik di dalamnya. dan terakhir acara puncak BIK 2022 yang akan digelar di UIN Raden Intan pada 27 Oktober 2022.

Bursa Efek Indonesia

Kepala BEI Lampung Hendi Prayogi memaparkan, dalam rangkaian BIK 2022 BEI akan menggelar kegiatan Investival 2022 akan diisi beragam aktivitas menarik seperti,  Capital Market Goes to Pesantren dalam upaya mendorong peningkatan pasar modal syariah dan akan diisi CSR BEI, Sekolah Pasar Modal (SPM) dan pembukaan rekening efek. 

Kedua Capital Market Goes to Campus di FEB Unila/GSG Unila pada 26 Oktober 2022, ketiga Coaching Stocklab dan edukasi SPM guru dan siswa tingkat SMA di kantor OJK Lampung pada 10 Oktober 2022, keempat terbaru program kompetisi online trading untuk para penggiat desa inklusi keuangan se-provinsi Lampung pada 14-26 Oktober 2022 dan terakhir Olimpiade Pasar Modal (Lomba stocklab dan ranking 1 untuk pelajar SMA dan Mahasiswa) di Swiss Belhotel Lampung pada 24 Oktober 2022. 

“Target selama rangkaian kegiatan BIK 2022 target pembukaan rekening efek mencapai 2.500 akun,”papar Hendi. 

BPR EKA 

Dalam rangkaian BIK 2022, BPR EKA juga ikut serta dalam penyelenggaraannya dengan menggandeng SD/SMP/SMA untuk menanamkan budaya menabung sejak dini. Selain itu BPR EKA juga memiliki target market para penghafal Al-Qur’an dengan memberikan literasi keuangan namun juga pembukaan rekening. 

“Target kami ingin mencetak para penghafal Qur’an yang juga cerdas mengelola keuangannya sejak dini,”papar Eko perwakilan dari BPR EKA. 

Kemudian, maksimalkan program Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar) kerjasama dengan beberapa sekolah. Saat ini sudah ada 20 sekolah bekerja sama,  dalam rangkaian BIK 2022 akan ditambah 3 sekolah lagi. “Total Tabungan Simpel di BPR EKA sudah ada sekitar  Rp400 Jutaan,”ujarnya. 

Satu hal lagi penambah kebanggan BPR EKA pada 20 September 2022 lalu, sudah mengantongi izin dari OJK Lampung untuk pendirian Agen Laku Pandai. Selaras dengan momen BIK 2022, BPR EKA targetkan awal 20 rekening account pembukaan rekening di Agen Laku Pandai dan terus sasar nasabah produktif untuk membantu pembiayaan mikro. 

BTN

Dalam menyukseskan BIK 2022, BTN akan menghadirkan program bundling bekerjasama dengan Asosiasi REI mengadakan pameran expo di Lampung City Mall 25 Oktober 2022 - 7 November 2022. Nantinya ada 40 pengembang perumahan subsidi dan komersil yang akan membantu pengajuan KPR dengan proses yang mudah. 

Selain itu, BTN juga memiliki program tabungan BTNSiap yang merupakan tabungan rencana baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 

Selanjutmya alam upaya meningkatkan layanan digitalisasi aplikasi BTNproperti.co.id untuk menjangkau masyarakat mengakses permohonan KPR, bisa cek promo, jenis perumahan hingga persetujuan kredit. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS