Mulai September 2023 Facebook Resmi Hentikan Fitur Pesan SMS di Messenger

Yunike Purnama - Kamis, 10 Agustus 2023 14:44
Mulai September 2023 Facebook Resmi Hentikan Fitur Pesan SMS di MessengerFacebook baru saja mengumumkan akan menghentikan layanannya untuk mengirim dan menerima pesan SMS melalui aplikasi Messenger (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Facebook baru saja mengumumkan akan menghentikan layanannya untuk mengirim dan menerima pesan SMS melalui aplikasi Messenger. Seperti yang Anda ketahui, fitur ini awalnya diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, tapi sekarang Facebook telah memutuskan untuk menghapusnya.

Mulai 28 September nanti, pengguna yang biasanya menggunakan Messenger sebagai aplikasi SMS default sudah tidak bisa lagi mengirim atau menerima pesan teks. Facebook juga menyarankan pengguna Android untuk beralih ke aplikasi perpesanan alternatif seperti Google Messenger atau aplikasi perpesanan default di ponsel.

Seperti yang diposting di blognya, Facebook menjelaskan implikasi dari perubahan kebijakannya tersebut. Pengguna Messenger yang menggunakannya sebagai aplikasi perpesanan SMS untuk perangkat Android tidak akan lagi bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim dan menerima SMS yang dikirim oleh jaringan seluler ketika pengguna memperbarui aplikasi setelah 28 September 2023.

Akan tetapi, Facebook meyakinkan pengguna bahwa mereka masih memiliki opsi untuk mengirim dan menerima pesan SMS melalui jaringan seluler. Riwayat pesan masih bisa diakses melalui aplikasi perpesanan default baru yang ada di ponsel pengguna.

Namun, jika pengguna gagal menggunakan aplikasi perpesanan default baru pesan SMS pengguna akan secara otomatis dialihkan ke aplikasi perpesanan default ponsel. Untuk mengganti aplikasi SMS default Anda di ponsel Android, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Langkah-langkah Mengganti Aplikasi SMS Default di Ponsel Android

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti aplikasi SMS default di HP Android.

Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Settings.

Ketuk atau tap Apps & Notification.

Tap opsi See all apps.

Scroll ke bawah dan temukan aplikasi Messenger.

Tap opsi Advanced.

Tap Default SMS app.

Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan sebagai aplikasi SMS default.

Alasan Facebook Hentikan Fitur Pesan SMS di Messenger

Hingga sampai saat ini, Meta masih belum menjelaskan mengapa mereka memutuskan untuk menghentikan fitur pesan SMS dari Messenger. Akan tetapi, seperti yang dikutip Trenasia.com dari Techradar pada Kamis, 10 Agustus 203, bisa jadi hal ini adalah langkah penghematan biaya yang dilakukan oleh perusahaan. Seperti yang kita ketahui, Meta baru saja mengumumkan banyak pengurangan seperti memberhentikan staf dan mengurangi beberapa layanannya.

Alasan kedua bisa jadi Meta menarik layanannya tersebut agar dapat mengubahnya, sebuah taktik yang telah mereka gunakan di masa lalu. Pesan SMS di Messenger pertama kali ditambahkan pada tahun 2012, sebelum dihapus pada tahun 2013. Fitur ini akhirnya diluncurkan lagi pada tahun 2016 bersama dengan beberapa peningkatan, dan bisa jadi Meta melakukan hal ini setelah penonaktifan yang akan dilakukan.(*)

Editor: Redaksi
Tags messengerfacebookBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS