Mentan Syahrul Yasin Limpo Ajukan Pengunduran Diri ke Jokowi

Yunike Purnama - Kamis, 05 Oktober 2023 20:14
Mentan Syahrul Yasin Limpo Ajukan Pengunduran Diri ke Jokowi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Presiden Joko Widodo, Kamis 5 Oktober 2023. Keputusan itu diambil seiring kabar penetapan tersangka Syahrul oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (sumber: Sekretariat Kabinet)

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Presiden Joko Widodo, Kamis 5 Oktober 2023. Keputusan itu diambil seiring kabar penetapan tersangka Syahrul oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Sikap tersebut disampaikan Mentan saat konferensi pers di Istana Negara. ”Sore hari ini, saya minta waktu bertemu Presiden, dan diberikan kesempatan Mensesneg untuk menyampaikan usul surat pengunduran diri saya,” ujar Syahrul.

Menurut Syahrul, keputusan itu harus diambil karena dia tengah menghadapi proses hukum terkait kasus dugaa korupsi di Kementerian Pertanian. “Saya harus hadapi serius,” ujar dia. Meski demikian, Syahrul meminta semua pihak menjunjung asas praduga tak bersalah. “Jangan ada stigma dan persepsi menghakimi saya dulu,” ujar politikus NasDem itu.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku memerintahkan Syahrul Yasin Limpo untuk mundur dari jabatan Mentan. “Atas nama DPP, saya menyatakan (Mentan) segera menghadap Presiden sampaikan surat pengunduran diri,” ujar Surya, Kamis sore.

Menurut dia, langkah tersebut harus dilakukan agar Syahrul fokus terhadap pemeriksaan kasus. “Kami memberikan penghormatan pada proses penyidikan,” ujarnya. Sementara itu, Presiden Jokowi sempat meminta publik tidak berspekulasi soal mundurnya Syahrul dari posisi Mentan. “Jangan berandai-andai,” ujarnya Kamis pagi.

Presiden mengklaim belum tahu rencana Mentan untuk menghadap dirinya hari ini. “Nggak tahu, belum tahu, tanyakan Mensesneg (Pratikno), apakah sudah diatur jamnya,” ujar Jokowi. Diketahui, Syahrul Yasin Limpo sempat dikabarkan hilang kontak selama tiga hari. 

Wakil Mentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan Syahrul tidak bisa dihubungi usai kunjungan ke Italia dan Spanyol sebelum akhirnya diketahui jika sedang berobat. Sejumlah pihak seperti Menkopolhukam Mahfud MD dan Bendahara Partai NasDem Ahmad Syahroni menyebut Mentan telah ditetapkan tersangka korupsi oleh KPK. 

Namun hingga kini lembaga antirasuah belum mengumumkan secara resmi hal tersebut. Terakhir, KPK diketahui menggeledah kediaman pribadi milik Syahrul Yasin Limpo di Kota Makassar, Rabu. Terdapat seorang berkemeja hitam yang masuk ke rumah tersebut dan keluar dengan membawa sebuah koper kemudian memasukkannya ke dalam mobil. 

Orang tersebut diduga merupakan petugas KPK. Adanya penggeledahan di rumah pribadi Mentan merupakan kelanjutan penggeledahan di rumah dinas. Saat itu KPK menyita uang puluhan miliar dan senjata api.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS