Menkeu Pastikan Desember BLT BBM Cair Lagi

Yunike Purnama - Jumat, 25 November 2022 14:05
Menkeu Pastikan Desember BLT BBM Cair LagiIlustrasi (sumber: Getty Images )

JAKARTA - Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM dijadwalkan akan disalurkan lagi, pada Desember 2022. Sementara hingga Oktober 2022 realisasi penyaluran BLT BBM baru setengah dari pagu anggaran atau mencapai Rp6,21 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dana BLT BBM yang digelontorkan total mencapai Rp12,4 triliun. Untuk skema penyaluran sisa alokasi BLT BBM akan dibayarkan oleh Kementerian Sosial pada Desember 2022.

BLT BBM digelontorkan imbas kenaikan harga BBM September lalu. Adanya BLT BBM diharapkan membantu masyarakat di akhir tahun.

"Ini sekarang sudah direalisir Rp6,21 triliun karena memang Kementerian Sosial sengaja membayarkannya separuh dulu dan nanti separuh akan mulai dibayarkan pada bulan Desember ini," katanya dalam konferensi pers APBN KITA, dilansir dari TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com pada Jumat, 25 November 2022.

Sementara itu untuk reaslisasi BSU atau bantuan subsidi upah telah direalisasikan sebesar Rp7,68 triliun yang telah diterima oleh 12,8 juta buruh dari total anggaran Rp8,80 triliun. Rencananya BSU akan menyasar 16 juta pekerja, dimana pekerja yang berhak menerima adalah pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan.

Kementerian Keuangan mencatat total realisasi anggaran perlindungan sosial telah mencapai Rp333,8 triliun hingga 31 Oktober 2022.

Dia merinci, realisasi anggaran perlindungan sosial telah diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat untuk Program Keluarga Harapan (PKH), 18,7 juta penerima Kartu Sembako, dan 23,9 juta penerima BLT minyak goreng.

Selain itu, realisasi bansos juga diberikan dalam bentuk bantuan tunai kepada 2,1 juta pedagang kaki lima dan pemilik warung, juga telah disalurkan untuk 6,3 juta debitur KUR, serta 7,5 juta penerima BLT Desa. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS