Mengenal Teknologi Multi Lane Free Flow, Bisa Bayar Tol Tanpa Berhenti

Yunike Purnama - Sabtu, 10 Desember 2022 17:08
Mengenal Teknologi Multi Lane Free Flow, Bisa Bayar Tol Tanpa BerhentiIlustrasi Ruas Tol Bakauheni Selatan. (sumber: Biro Setpres )

JAKARTA - Saat ini mungkin banyak yang masih bingung, bagaimana cara isi saldo kartu MLFF yang jadi teknologi transaksi tol baru.

Multi Lane Free Flow atau MLFF adalah sebuah teknologi yang memungkinkan para pengguna jalan tol untuk membayar biaya masuk tanpa perlu berhenti atau mengantre. 

Teknologi ini menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memungkinkan pengendara untuk melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi di ponsel mereka dan akan dibaca melalui satelit.

Dilansir dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, teknologi MLFF akan menggunakan sebuah aplikasi yang diberi nama CANTAS. Saat mulai diimplementasikan nantinya, aplikasi CANTAS bisa diunduh baik melalui Play Store maupun App Store dari ponsel pintar yang dimiliki masyarakat.

Para pengguna nantinya akan meregistrasikan kendaraan mereka dilengkapi dengan data diri dan juga melakukan pilihan pembayaran dengan menggunakan aplikasi tersebut. Lalu, bagaimanakah cara isi saldo kartu MLFF tersebut?

Sebenarnya, hingga saat ini aplikasi CANTAS belum tersedia, baik di Play Store maupun App Store. Hal ini dikarenakan wacana MLFF masih dalam tahap uji coba di beberapa ruas tol saja. Dilansir dari Badan Pengatur Jalan Tol, uji coba transisi sistem MLFF tersebut akan ditargetkan untuk dilakukan pada 1 Juni 2023 mendatang.

Uji coba tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan tetap menyediakan pintu tol konvensional. Sistem ini diharapkan bisa mengurai kemacetan yang terjadi di pintu masuk jalan tol.

Untuk cara kerjanya, pengguna aplikasi CANTAS hanya perlu menekan tombol Start sebelum memasuki jalan tol yang akan dilewati. Nantinya, GPS akan menentukan posisi dari pengguna melalui satelit dan melakukan proses map matching yang akan berjalan pada central system. 

Jika pengguna keluar dari tol atau mengakhiri perjalanan tol-nya, maka proses map matching tersebut akan berakhir dan aplikasi akan mengkalkulasikan tarif perjalanan. Saldo yang dimiliki pengguna akan otomatis terpotong.

Itulah beberapa informasi mengenai cara isi saldo kartu MLFF yang penting untuk diketahui masyarakat terkait dengan rencana penggunaan sistem baru tol tersebut. (*)

Editor: Redaksi
Tags Teknologi MLFF Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS