Menakar Ketertarikan Generasi Milenial dalam Investasi Emas

Yunike Purnama - Sabtu, 29 Juli 2023 06:13
Menakar Ketertarikan Generasi Milenial dalam Investasi EmasGenerasi milenial menunjukkan minat yang lebih besar dalam berinvestasi pada emas (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Generasi milenial menunjukkan minat yang lebih besar dalam berinvestasi pada emas. Salah satu alasan di balik meningkatnya minat generasi milenial dalam berinvestasi pada emas adalah anggapan bahwa emas dapat menjadi sebagai alat perlindungan terhadap ketidakstabilan ekonomi dan fluktuasi pasar. 

Menghadapi ketidakpastian dan tantangan ekonomi global, milenial merasa perlu untuk mencari cara-cara yang aman dan terbukti untuk mempertahankan nilai aset mereka.

Dilansir oilprice.com, Jumat, 28 Juli 2023, menurut survei terbaru yang dilakukan oleh State Street mengungkapkan bahwa rata-rata anak muda memiliki alokasi sekitar 17% dari anggaran mereka untuk membeli emas, sementara generasi baby boomer dan generasi X hanya memiliki alokasi rata-rata sekitar 10%. Ada perbedaan dalam padangan dalam berinvestasi antara generasi milenial, baby boomer, dan generasi X. Generasi milenial cenderung lebih memilih untuk berinvestasi dalam Exchange Traded Funds (ETF) emas daripada memiliki emas fisik seperti batangan atau koin.  

Sekitar 65% milenial menyatakan bahwa ETF adalah cara terbaik untuk berinvestasi dalam emas, sedangkan hanya 55% baby boomer yang setuju dengan pernyataan tersebut. Di sisi lain, generasi X lebih memilih memiliki emas fisik, dengan hanya 35% dari mereka yang percaya bahwa ETF sebagai cara terbaik untuk menyimpan emas. Meskipun ETF memberikan likuiditas dan akses ke perubahan harga emas, memiliki emas fisik dianggap sebagai bentuk investasi yang lebih tahan lama dan dapat diandalkan, terutama dalam menghadapi situasi krisis ekonomi. 

Para ahli menekankan pentingnya memiliki kepemilikan emas fisik, seperti koin emas, sebagai prioritas utama dalam strategi investasi keseluruhan. Meskipun ETF yang didukung emas dapat menjadi bagian dari portofolio investasi, investasi dalam emas fisik memberikan stabilitas dan kepastian yang lebih besar dalam menghadapi situasi ketidakstabilan ekonomi.

Dengan semakin tingginya minat dari generasi milenial dalam berinvestasi dalam emas, pasar emas diharapkan terus berkembang dalam beberapa tahun mendatang. Meskipun pilihan investasi mungkin berbeda, tujuan akhir para investor adalah untuk mencari perlindungan nilai aset mereka dan mengamankan masa depan keuangan mereka. (*)
 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS