Masyarakat Pesisir Barat Antusias Ikuti Launching Pekon Pengawasan Partisipatif

Eva Pardiana - Sabtu, 13 Juli 2024 10:50
Masyarakat Pesisir Barat Antusias Ikuti Launching Pekon Pengawasan PartisipatifDeklarasi Pekon Pengawasan Partisipatif di pekarangan Balai Pekon Pekonmon, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat, Jumat (12/7/2027). (sumber: Dok. Bawaslu Lampung)

PESISIR BARAT – Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Suheri, mengapresiasi antusiasme masyarakat Pesisir Barat atas partisipasi mereka dalam launching pekon pengawasan partisipatif. Dalam pengawasan partisipatif Pilkada 2024, Suheri menekankan pentingnya keterlibatan langsung dari Pemkab, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Menurut Suheri, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2024. Dengan demikian, diharapkan pemilihan dapat terlaksana secara transparan, akuntabel, jujur, adil, dan bermartabat di Kabupaten Pesisir Barat. Suheri juga mengharapkan masyarakat yang hadir dan seluruh masyarakat Pesisir Barat untuk melakukan pengawasan secara partisipatif.

“Jika ada dugaan pelanggaran, segera laporkan ke Bawaslu. Kejahatan politik jangan dibiarkan, karena hasilnya nanti akan dipimpin oleh pemimpin jahat,” tegasnya saat mengawali kegiatan Deklarasi Pekon Pengawasan Partisipatif di pekarangan Balai Pekon Pekonmon, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat, Jumat (12/7/2027).

Di tempat yang sama, Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Ayu Megasari, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan peluncuran pekon pengawasan partisipatif pemilihan serentak tahun 2024 di Kabupaten Pesisir Barat.

"Ini semua upaya dari Bawaslu untuk mengajak seluruh masyarakat Pesisir Barat membangun komitmen terhadap pengawasan secara partisipatif pada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Pesisir Barat," ungkap Ayu.

Kepala Dinas Kominfotiksan, Suryadi, yang dalam hal ini mewakili Bupati Kabupaten Pesisir Barat, juga memaknai peluncuran pekon pengawasan partisipatif dengan tema "Pemilihan Jujur Rakyat Makmur" sebagai simbol komitmen masyarakat Pesisir Barat. "Masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat mempunyai hak dan kewajiban untuk melakukan pengawasan secara partisipatif pada setiap tahapan pemilihan kepala daerah tahun 2024," ungkap Suryadi.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong, pembacaan Deklarasi yang dipimpin oleh Ketua APDESI Kecamatan Ngambur, serta penandatanganan Deklarasi Pengawasan Partisipatif oleh semua yang hadir.

Hadir dalam acara ini Bupati Pesisir Barat yang diwakili oleh Kadis Kominfotiksan Suryadi, Anggota Bawaslu Pesisir Barat Ayu Megasari, Camat Kecamatan Ngambur Nopron Yosep, Ketua Apdesi, Peratin se-Kecamatan Ngambur, Saibatin Marga Ngambur, Karang Taruna Kecamatan Ngambur, KUA Kecamatan Ngambur, serta unsur masyarakat lainnya. (*)

Tags Bawaslu LampungBagikan

RELATED NEWS